PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 AMLAPURA

I Nengah Miyasa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Instruction dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensonal. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The Posttest Only Control Group Design, Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 2 Amlapura tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 217 orang. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis  dan keterampilan proses sains antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Instruction dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci:  problem based instruction, pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis.

 

Abstract

This research has purpose to analyze the difference of science process skill and critical thinking skill between the student group who learn through problem based instruction model with conventional model. This is an experimental study with research design “ The Posttest Only Control Group Design”.The population of this study is grade X student of SMA Negeri 2 Amlapura on academic year 2010/2011, it consists of 217 students. This sample is obtained through simple random sampling. The data were analyzed by descriptive analyzis and multivariat analyzis (MANOVA). This study finded there is a significant difference of science process skill and critical thinking skill  between the student group who learn through problem based instruction model with conventional model.

 

Key word: problem based instruction, conventional model, science process skill, critical thinking skill.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.