PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA

SAGUNG RATIH SARASWATI ANTARI ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd ., PROF. DR. KETUT SUMA, M.S. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes keterampilan berpikir kritis dalam mata pelajaran fisika yang memenuhi standar valid dan reliabel. Pengembangan menggunakan materi fisika SMA kelas X dan XI. Prosedur pengembangan tes keterampilan berpikir kritis materi fisika menggunakan adaptasi model Borg dan Gall meliputi tahap pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan uji coba lapangan. Tahap lainnya tidak dilakukan dengan pertimbangan keterbatasan waktu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji validasi isi dan validasi konstruk dilakukan oleh dua orang ahli dalam bidangnya. Validitas bandingan diukur dengan cara membandingkan tes yang dikembangkan dengan tes berpikir kritis yang baku yaitu California Critical Thining Skills Test (CCTST). Serta reliabilitas tes dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian: (1) validitas isi 0,77 dengan kategori valid; (2) validitas konstruk 3,50 dengan kategori baik; dan (3) reliabilitas tes 0,773 dengan kategori derajat reliabilitas tes tinggi; (4) reliabilitas retes 0,967 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi; (5) reliabilitas split-half 0,754 dengan kategori reliabilitas tinggi, (6) internal konsistensi butir menghasilkan 49 butir soal dengan kategori konsisten dan (7) valdiitas banding 0,923 dengan kategori validitas sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa tes keterampilan berpikir kritis siswa dalam materi fisika memenuhi kriteria valid dan reliabel.
Kata Kunci : tes, keterampilan berpikir kritis, fisika

This study aims to generate critical thinking skills tests in physics subjects that meet valid and reliable standards. Development using high school physics materials class X and XI. Development procedure of critical thinking skills of physics material using adaptation of Borg and Gall model includes preliminary stage, planning, development and field trial. The other stage is not done with the consideration of time constraints. The instrument of data collection used is validation sheet. The data analysis technique used to test content validation and construct validation is done by two experts in the field. Comparability validity was measured by comparing tests developed with standard critical thinking tests of California Critical Thining Skills Test (CCTST). And test reliability is done by descriptive statistical analysis techniques. Result of research: (1) validity of content 0,77 with valid category; (2) construct validity of 3.50 with good category; and (3) test reliability of 0.773 with high degree of reliability test category; (4) reliability of retest 0.967 with very high reliability category; (5) split-half reliability of 0.754 with high reliability category, (6) internal consistency of grains yielded 49 items with consistent categories and (7) varity of appeal of 0.923 with very high category of validity. Based on the results of this study concluded that the test of critical thinking skills of students in physics material meet valid and reliable criteria.
keyword : test, critical thinking skills, physics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.