KOMPARASI PENERAPAN SIKLUS BELAJAR ANUMANA-PRATYAKSA-SABDA PRAMANA DAN PRATYAKSA-ANUMANA-SABDA PRAMANA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA SMA NEGERI 2 AMLAPURA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan data tentang perbandingan hasil belajar, yaitu: (1) pemahaman konsep dan keterampilan proses sains kimia, (2) pemahaman konsep kimia, (3) keterampilan proses sains kimia yang diperoleh siswa pada penerapan siklus belajar APS dan siklus belajar PAS.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Amlapura dengan tehnik random sampling diambil sampel 126 orang siswa kelas X (4 kelas) semester genap tahun pelajaran 2010/2011 dari 220 orang siswa (7 kelas). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan “The Post test Only Control Group Design”. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis varians multivariate dengan MANOVA.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) hasil belajar secara simultan pemahaman konsep kimia dan keterampilan proses sains kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model siklus belajar APS lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model siklus belajar PAS dengan nilai Fhitung=19,247 (p< 0,05). (2) hasil belajar pemahaman konsep kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model siklus belajar APS(μ=28,40) lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model siklus belajar PAS(μ=26,62) dengan nilai Fhitung=4,301 (p< 0,05). (3) hasil belajar keterampilan proses sains kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model siklus belajar APS(μ=29,97) lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model siklus belajar PAS(μ=26,29) dengan nilai Fhitung=38,362(p< 0,05).
Kata kunci: siklus belajar APS (Anumana-Pratyaksa-Sabda Pramana), PAS (Pratyaksa-Anumana-Sabda) , pemahaman konsep dan keterampilan proses sains
A COMPARISON BETWEEN APPLICATION OF ANUMANA-PRATYAKSA-SABDA PRAMANA LEARNING CYCLES AND PRAKTYAKSA-ANUMANA -SABDA PRAMANA LEARNING CYCLES TO THE COMPREHENSION OF CHEMISTRY CONCEPT AND SCIENCE PROCESS SKILL ON THE STUDENTS OF SMAN 2 AMLAPURA
ABSTRACT
The purpose of this research was to analyze and describe the data of the learning result comparation of (1) Concept comprehension and chemistry science process skill, ( 2) Comprehension of chemistry concept, (3) chemistry science process skill which gained by the students in APS and PAS learning process.
The research was done at SMAN 2 Amlapura with 126 sample students of X grade students ( 4 classes) second semester 2010/2011 taken from the whole numbers of the X grade students that were 220 students (7 classes). This research was a false experimental research using “The Post test only Control group design “. Data was analyzed in two stages namely: Descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. Multivariate of variation analysis with MANOVA was used to test the hypothesis.
The results of the research were as followed. (1) simultaneous comprehension of chemistry concepts and chemistry science process skill on the students who followed learning process cycles using APS learning cycles was higher than the students who followed learning process using PAS learning cycles with the value F= 19.247(p< 0.05) (2) learning results of chemistry concepts comprehension of the students who followed learning process using APS(μ=28.40) was higher than the students who followed learning process using PAS(μ=26.62) with counting value of F=4.301(p < 0.05). (3) learning result of chemistry science process skill of the students who followed learning process using APS(μ=29.97) was higher than the students who followed the learning process using PAS(μ=26.29) learning cycles with counting value of F=38.362(p< 0.05).
Key words: APS (Anumana-Pratyaksa-Sabda Pramana), PAS (Pratyaksa-Anumana-Sabda) learning cycles models, concept comprehension, science procces.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.