PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Listrik Dinamis Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Manggis Tahu

NI NENGAH SUATI

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis perbedaan sikap ilmiah dan ketrampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah/PBL dengan siswa yang belajar dengan model kooperatif group investigasi dan siswa yang belajar dengan model ekspositori, (2) untuk menganalisis perbedaan sikap ilmiah siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah/PBL dengan siswa yang belajar dengan model kooperatif group investigasi dan siswa yang belajar dengan model ekspositori, (3) untuk menganalisis perbedaan ketrampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah/PBL dengan siswa yang belajar dengan model kooperatif group investigasi dan siswa yang belajar dengan model ekspositori.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian “The Posttest Only Control Group Design”, data dianalisis dengan MANOVA. Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Manggis tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 3 kelas dengan populasi 94 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah sikap ilmiah dan ketrampilan berpikir kritis siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan sikap ilmiah dan ketrampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan dengan model pembelajaran berbasis masalah/PBL dengan siswa yang belajar dengan model kooperatif group investigasi dan siswa yang belajar dengan model ekspositori, (2) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah/PBL dengan siswa yang belajar dengan model kooperatif group investigasi dan siswa yang belajar dengan model ekspositori (F=8,205;p <0,05) (3) terdapat perbedaan ketrampilan berpikir kritis antar siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah/PBL dengan siswa yang belajar dengan model kooperatif group investigasi dan siswa yang belajar dengan model ekspositori (F=37,177; p <0,05)

Kata kunci : problem-based learning, kooperatif group investigasi,            ekspositori,sikap ilmiah, ketrampilan berpikir kritis.

 

THE EFFECTS OF PROBLEM-BASED LEARNING STYLE AND INVESTIGATION COOPERATIVE GROUP STYLE TO THE SCIENTIFIC ATTITUDE AND CRITICAL THINKING SKILL                                    (Eksperimental Study in Learning  Dynamics Electricity                                                        Of The X Grade Studens Of SMAN 1 Manggis Academic Year 2010/2011)

ABSTRAC

 

This research aims: (1) to analyse the difference scientific attitude and critical thinking skill of the students who learn using problem based learning style with the students who learn by using investigation of cooverative group and the students who learn using expository learning stile, (2) to analyse the difference of scientific attitude between students who learn with problem based learning with invesgation cooperative group and expository learning style, (3) to analyse the difference between critical thinking skill who learn with problem based learning with invesgation cooperative group and expository learning style.

The research is a kind of research which is designed with “The Posttest Only Control Group Design”, data  was analysed by MANOVA.All hipotetic test was done with 5% signification. The population of the research is the x grade studens of SMAN 1 Manggis academic year 2010/2011 consists of 3 clases with 94 students population. Sample was taken by using simple random sampling. The data collected in the research are scientific attitude and critical thinking skill of students.

The result showed that: (1) there are difference between scientific attitude and critical thinking skill of students who learn by using PBL style, with investigation cooperative group and expository learning style, (2) there are differences of scientific attitude between students who learn with PBLstyle, students who learn with investigative cooperative group and the students who lear with of expository style (F=8.205;p < 0,05), (3) there are differences critical thinking skill between who learn with PBL style, students who learn with investigative cooperative group and the students who lear with of expository style (F=37.177;p < 0,05).

Keywords: problem-based learning, investigation cooperative group, expository,scientific   attitude, critical thinking skill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.