MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING BERPENGARUH TERHADAP PENGUASAANKOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

L.A Candra Dewi, Rini Kristiantari, Ni Wyn. Suniasih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan  kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Kuta Selatan Tahun Ajaran 2016/2017 yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning berbantuan mind mapping  dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Kuta Selatan Tahun Ajaran 2016/2017, yang berjumlah 461 orang. Penentuan sampel pada prenelitian ini dilakukan dengan teknik random sampel kelompok. Untuk menyetarakan kelompok sampel digunakan teknik matching. Setelah melakukan uji kesetaraan ditentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan dilakukan pengundian didapat siswa kelas VA SD N 5 Benoa sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 31 orang dan siswa kelas VB SD N 5 Benoa sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 31 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dengan jenis tes objektif bentuk  pilihan ganda biasa. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis statistik infrensial dengan rumus uji-t.  Berdasarkan  hasil analisis data diperoleh thitung= 2,281 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 60. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning berbantuan mind mapping dengan yang dibelajarkan secara konvensional, dan dilihat dari nilai rata – rata kelompok eksperimen 14X"> = 80,85 > 14X"> = 74,73 pada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Kuta Selatan Tahun Ajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: Discovery Learning, Mind Mapping, IPA

 

Abstract

This study aims to determine the significant differences in the mastery of science knowledge competence of students who are taught through the learning model of mind-assisted discovery learning mind mapping and which is taught through conventional learning in grade V SD Gugus 2 Kecamatan Kuta Selatan Academic Year 2016/2017. This research type is quasi experiment research with nonequivalent control group design. The population of this study is all students of grade V SD Gugus 2 Kecamatan Kuta Selatan Academic Year 2016/2017, which amounted to 461 people. Determination of the sample in this prenelitian done by random sample group technique. To match the sample group used matching technique. After conducting the equality test, the experimental group and control group were selected by the students of class of SD SD N 5 Benoa as the experimental group with 31 students and the students of VB SDN 5 Benoa as control group with 31 people. Methods of data collection in this study using the test method with the type of objective test of the usual double choice form. The collected data were analyzed using the t-test method of t-statistical infresial analysis with the separated varian formula. Based on the results of data analysis obtained thitnung = 2.281 > ttable = 2,000 at the level of significance 5% and dk = 60. So it can be concluded that there is a significant difference in the mastery of science knowledge competence between students who are taught using a mind-mapping learning discovery learning model with the Was used conventionally, and seen from the mean of the experimental group x = 80,85 > x = 74,75 in the control group. Based on these results can be concluded that the learning model of discovery learning assisted mind mapping affect the mastery of science knowledge competence of students of grade V SD Gugus 2 Kecamatan Kuta Selatan academic year 2016/2017.

 

Keywords: Discovery Learning, Mind Mapping, IPA


Full Text:

PDF

References


Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta, cv.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, Imas. 2016. Ragam Pengembanan Model Pembelajaran Jakarta: Kata Pena.

Putrayasa, I Made. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learningdan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Volume 2, Nomor 1.

Sigiarta, Gusti Putu Oka. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Akselerasi (Acelerated Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDN 8 Banyuning”. Volume 6, Nomor 3.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Kembang.

Supadmi, Ni Luh, I. Gusti Lanang Wiratma, and Luh Maharani Merta. "Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Mia." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1.2 (2017): 48-52.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Grup.

Sumarniti, Ni Nym. 2014. Pengaruh Model Guide Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Gugus VIII Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. Volume 2, Nomor 1.

Sutrisno, I Km. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri di Desa Tukad Mungga Kecamatan Buleleng. Volume 2, Nomor 1.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Tumurun, Septiani Wahyu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat – sifat Cahaya. Volume 1, Nomor 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.