PENERAPAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA

Ni Luh Gede Widyaningsih, I. G. N. Japa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan mind mapping berbantuan media gambar  pada siswa kelas V SD Negeri 2 Baha tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Rancangan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Baha yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 6 siswa perempuan. Data mengenai motivasi belajar dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes bentuk essay. Data motivasi dan hasil belajar IPA dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa dari 72% pada siklus I dengan kriteria sedang menjadi 84,09% pada siklus II dengan kriteria tinggi. Untuk hasil belajar IPA pada siklus I sebesar 72,04% dengan kriteria sedang,  menjadi 82,50% dengan kriteria tinggi pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan mind mapping berbantuan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Baha.

Kata kunci: mind mapping, media gambar, motivasi, dan hasil belajar IPA.

 

Abstract

This research was aimed to improve the students motivation and  learning outcomes of natural science by using the application of mind mapping assited by image property to the fifth grade students of 2 Baha Elementary School in school year of 2016/2017. The type of this research was classroom action research (CAR) that implemented into two cycles while each cycles was divided into three times of meeting. Each cycles formed by four steps, there were planning, implementing (action), observationing, and reflecting. The subject of this study were the fifth grade students of 2 Baha Elementary School in total of 22 students that consist of 16 male students and 6 female students. The data about learning motivation were collected by using questionnaire and data about natural science learing outcomes was analyzed by using descriptive quantitative analysis method. The result of this research shows the improvement of students learning motivation average percentation from 72% in the first cycle that belongs to medium criteria to 84,09% in second cycle that belongs to high criteria. Learning outcomes of natural science also improved from 72,04% in the first cycle with medium criteria, increased to 82,50% with high criteria in the second cycles. From this result can be concluded that there are improvements of students learning motivation and learning outcomes by using the application of mind mapping assisted by images property to the fifth grade students of 2 Baha Elementary School.

Keywords: mind mapping, images property, motivation, learning outcomes of natural science.


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede .2010.Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK). Makalah disajikan pada Seminar Lokakarya tentang Penelitian dan Pola Bimbingan Skripsi di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.Singaraja 27 September 2010.

Alamsyah, Maurizal. 2009. Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Dengan Main Mappiing. Yogyakarta: Mitra Pelajar

Anderson, Lorin W. dan Krathwohl, David R. 2010.Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Terjemahan Agung Prihantoro. A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing : A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. A Bridged Edition.2001.Cetakan ke –I.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

AzharArsyad.(2009). Medi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Burhan, H. Wirman. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar 1945.Jakarta: PT Grafindo Persada.

Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Cetakan Keenam. Jakarta : PT. Gramedia.

Dimas dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping Sd Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indnesia, Vol. 5, No. 2, Oktober 2016. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8590/5844

Hernacki. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Jensen. Eric dan Karen Makowitz. 2002. Otak Sejuta Gygabite: Buku Pintar Membangun Ingatan Super. Bandung : Kaifa.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Kurniasih, Imas dan Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013.Jakarta: Kata Pena

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurkancana, Wayan dan PPN Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar.Surabaya: Usaha Nasional

Olivia, Femi. 2008. Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: Gramedia.

Porter. De Bobbi dan Hernacki. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Prayudi: 2008. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Mind Mapping terhadap Prestasi belajar.jakarta.

Riduwan.2007.SkalaPengukuranVariabel-variabelPenelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief, dkk. 2002. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cetakan Kelima. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Supadmi, Ni Luh, I. Gusti Lanang Wiratma, and Luh Maharani Merta. "Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Mia." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1.2 (2017): 48-52.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Cetakan Pertama. Sidoarjo:Buana Pustaka.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Swadarma, Doni. 2014. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Trianto.2007.Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Windura, Sutanto. 2008. Mind Mapping Langkah Demi Langkah. Jakarta :Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.