MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD

Ni Md Gayatri Raharja P. D, MG. Rini Kristiantari, I.B Surya Manuaba

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untukuntuk mengetahui perbedaan penguasaan  kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Kapten Japa Tahun Pelajaran 2016/2017.Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Kapten Japa Tahun Pelajaran 2016/2017 Denpasar Utara yang berjumlah 484 orang.Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD N 33 Dangin Puri dengan jumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD N 20 Dangin Puri dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes yakni tes objektif pilihan ganda biasa.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitnung= 4,00sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 60 diperoleh nilai ttabel = 2.000 sehingga thitung =  4,00> ttabel =2.000. Berdasarkan kriterian pengujian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipeThink pair Share berbantuan media lingkungan adalah 84.65 sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah74,60. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pir Share berbantuan media lingkungan berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Kapten Japa Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: Think Pair Share, Lingkungan, IPA

 

Abstract

The research aims to know the impact of mastery knowledge science ompetence group of student who taught through cooperative learning model type “Think Pair Share”  assisted by environment media and groupof student who learned through conventional learning on student of fifth grade elementaryschool gugus kapten Japa school year 2016/2017. The design of the research is false experiment research with design “nonequivalent control group design”.the population of the research are all student of fifth grade elementary school gugus kapten Japa school year 2016/2017 Denpasar Utara which amounted to 484 people. The sample was taken by random sampling technique. Sample in this research are student of fifth/B grade elementary school negeri 33 Dangin puri with amount 31 student as a school. Data collection is done by using test method in the form of the usual double choice objective test. The data obtained were analyzed using the test-t the result of data analysts obtained t-count = 4,00, while at the level of significance 5% anddk 60 obtained value t-list = 2,00. Based on the test criteria then Ho rejected and Ha accepeted. As for average value of mastery knowledge science competence in group that are taught by cooperative learning model type “think pair share” as assisted by environment media is 84,65,while in that group taught by conventional leraning is 74,60. Based on the result it, can be concluded that cooperative learning model type “Think Pair Share” as assisted by environment media has have an effect on the mastery knowledge science competence of the student fifth gare elementary school gugus kapten japa.

 

Keywords: Think Pair Share,Environment, Science


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Ke-2. Jakarta: PT Bmi Aksara.

Artha, I Kadek Puji. 2016. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Model Pembelajaran NHT Terhadap Hasil Belajar IPS Tema Sejarah Peradapan Indonesia Peserta Didik Kelas V Gugus kompyang Sujana Tahun 2015/2016. Vol 4, No 1.

Agung, A. A. Gede 2014.Metodologi Penelitian Pendidikan.Edisi 2.Singaraja:Aditya Media Publishing

Biyarti, Tunggu. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Logaritma Ditinjau Dari Kecerdasan Matematis Logis Siswa Kelas X Pada Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Volume 1, Nomor 7. ( Hal, 692)

Darmadi.2014. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta.

Dewi, Dewa Ayu Laksmi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas V SD Gugus III Gianyar. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, Volume 2, Nomor 1, Tahun 2014.

Dwijananti, P. 2014. Penerapan Model PembelajaranThink Pair Share(TPS) Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. NAHDLATUL MUSLIMIN KUDUS. Unnes Physics Education Journal, Volume 3, Nomor 2.(Hal, 19).

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2014. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2014. Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 TentangPenilaian Hasil Belajar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Krisnayati, Ni Putu. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letda Made Putra. Jurnal Formatif.

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

-------. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Koyan, I Wayan. 2012. statistikPendidikan. Singaraja: Undiksha.

Lestari, Anita Wahyu. 2014. Pengembangan PerangkatPembelajaran IPA SMP Berbasis Kooperatif Tipe STAD Pada Tema Fotosintesis Di SMP GIKI-3 SURABAYA. PENSA E-jurnal.

Nurlaila, Fani. 2013. Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negari 3 Surabaya.Jurnal Pendidikan Teknik elektro, Volume 2, Nomor 2.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomo dan Pendidikan, Volume 8, Nomor 1 (hal, 22).

Prabhawa, Md Wesi Agung. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Menggunakan Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia Dengan Intervensi Bahasa Daerah Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa kelas V. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, Volume 2, Nomor 1.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran ipa di Sekolah dasar. Jakarta: Permata Puri media.

Sani, Ridwan Abdulah. 2014. Pembelajaran saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Saputri, Finisya Nur. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Tunanetra Di SMPLB. Jurnal Pendidikan Khusus. (Hal, 3).

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Setyosari,Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan pengembangan. Jakarta. PT Kharisma Putra Utama.

Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto, Roso. 2015. Pemanfaatan Media Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Negeri 4 Tanah Putih Kecamatan Telawang Kabupaten Kota Waringin Timur. Jurnal Geo Tadulako, Volume 3, Nomor 6.(Hal, 31) .

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Taniredja, Tukiran.2012. Model-Model pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto.2010. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

-------. 2014. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Wartini, Ida Ayu KM Mirah. 2014. Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn di Kelas VI SD Jembatan Budaya Kuta.E-jurnal Pascasarjana Undiksha, Vol 4, Thn 2014.

Widiarso, Erwin. 2017. Strategi dan Metode Mengajar siswa di luar Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusuf, Muri. 2015. Assesmen dan Evaluasi pendidikan. Jakarta. Kencana.

Zakiah, Zakra. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengethuan Alam (IPA) pada Anak Tunanetra Kelas 1. Jurnal Pendidikan Khusus. (Hal, 2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.