PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Ni Putu Mega Artiwi, Ign I Wayan Suwatra

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VB SD No. 2 Abianbase Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD No. 2 Abianbase Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2016/2017, sebanyak 21 orang yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar adalah metode tes dengan alat pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata skor  pada hasil belajar pada siklus I sebesar 72,61% dan pada siklus II sebesar 80%. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 66,67% sedangkan pada siklus II mencapai 90,48%. Keunggulannya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB SD No. 2 Abianbase Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar IPA.

 

Abstract

This study aims to determine the increase science learning outcomes after the implementation of cooperative learning model STAD in class VB SD No. 2 Abianbase Badung Academic Year 2016/2017. This research is a classroom action research conducted in two siklus.setiap cycle consists of four phases: planning, implementation phase, observation / evaluation and reflection stage. This research subject is class VB SD No. 2 Abianbase Badung School Year 2016/2017, a total of 21 people consisting of 8 male students and 13 female students. The method used to collect data result of learning is the test method with data collection tools such as achievement test. The results showed that applying the model type STAD cooperative learning in science learning process can improve student learning outcomes. The average score on the learning outcomes in the first cycle of 72.61% and the second cycle by 80%. Mastery learning in the first cycle reaches 66.67%, while in cycle II reached 90.48%. The advantage is the implementation of cooperative learning model STAD (Student Teams Achievement Divisions) can improve learning outcomes grade science students VB SD No. 2 Abianbase Mengwi Badung District Academic Year 2016/2017.

 

Keywords: cooperative learning model STAD, learning outcomes IPA


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Indrawan, Arik. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD No. 2 Penarungan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan. Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article / 7701/5253 . Diakses, 11 Maret 2017.

Jihad, Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sani, Kurniasih. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena. Singaraja.

Slavin, Robert, E. 1995. Cooperative Learning: Theory, and Practice. Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sopah, D. 2000. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5 (022) 122 - 137.

Sudana, Nyoman Dewa. 2004. Studi Komparatif Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif dan Mandiri Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 2 Singaraja. Tesis (Tidak Diterbitkan). Singaraja: Program Pascasarjana IKIP Negeri

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Suryanto, Adi. 2014. Evaluasi Pembelajaran di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.

Taniredja, Tukiran. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Thoha, Chabib. 1990. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, Samatowa. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Wijayanti, Tri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD No 3 Tukadmungga Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan. Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article / 7701/5253 . Diakses, 11 Maret 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.