PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Grafis terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu ( quasy experiment) dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 359 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 orang siswa, 34 siswa kelas Vb dari SD Negeri 3 Kesiman yang menjadi kelompok eksperimen dan 42 siswa kelas V dari SD Negeri 7 Kesiman menjadi kelompok kontrol. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa di kumpulkan dengan menggunakan metode tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisi uji-t dengan derajat kebebasan (dk = 42+34-2 = 74) dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh t.hitung > t.tabel (2,333 > 2,000) maka, 14Ho"> di tolak dan 14Ha"> di terima yang berarti terdapat perbedaan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Grafis dengan kelompok siswa yang tidak tidak dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Grafis pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol ( 1479,83>76,44"> ). Dengan demikian, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Grafis berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: Numbered Heads Together, Media Grafis, Kompetensi Pengetahuan IPA
Abstract
The purpose of this research is to determine the effect of Cooperative Learning type Numbered Heads Together by Grafis Media toward the competence knowledge of science students grade 5 on SD Gugus Dewi Sartika year 2016/2017. This type of research is quasy experiment with research plan Non-equivalent Control Group Design. The research population is all of Grade 5 students on SD Gugus Dewi Sartika districts east Denpasar in academic year 2016/2017. With total population 359 students. The total sample in this research was 86 students, 34 students in grade 5B from SD number 3 Kesiman whieh became the experiment group and 42 students grade 5 from SD 7 Kesiman became control group. Sample selection in this research was using maching technique. The students know ledge competence data was collected by using test method which then analyzes t-test. Based on t-test result with freedom degree (dk = 34 + 42 – 2 = 74) and on the significance 5% got t.count > t.table (2,333 > 2,000) so, Ho refused and Ha accepted which means there is differences of the group student which were given the study through Cooperative Learning type Numbered Heads Together by Grafis Media to the 5 grade students on SD Gugus Dewi Sartika east Denpasar district on academic year 2016/2017. The result of this research shows that the average value on the experimental group is higher then the average value on the control group (79,83 > 76,44) Therefore, the Cooperative Learning type Numbered Heads Together by Grafis Media affected towards the science competency of the 5 grade students on SD gugus Dewi Sartika east Denpasar district in a academic year 2016/2017
Keywords: Numbered Heads Together, Grafis Media, Audio Media Visual, Science Competency
Full Text:
PDFReferences
Agung, A.A. Gede. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A.A. Gede. 2013. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A.A Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Gava media.
Dewi, dkk 2014. “Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar PKn SD”. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD: Volume: 2, No: 1 Tahun 2014. http://ejournal.undiksha.ac.id/jso/mahasiswa/index2.php (diakses tanggal 23 januari 2017)
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kurniasih,Imas.2016.Model Pembelajaran.Jakarta: Kata Pena
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Jakarta: Republik Indonesia
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Indeks.
Setyosari,Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan &Pengembangan. Malang : Prenadamedia Group.
Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suhardi, dkk 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (nht) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran ipa kelas iv sd negeri 3 Tondo”. Elementary School of Education E-Journal,Media Publikasi Ilmiah Prodi PGSD Vol 2, Nomor 2. http://ejournal.undiksha.ac.id/jso/mahasiswa/index2.php (diakses tanggal 23 januari 2017)
Sukmayasa, Hendra dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Senam Otak Terhadap Keaktifan dan Prestasi”. Program Pascasarjana Univesitas Pendidikan Ganesha, Volume 3. http://ejournal.undiksha.ac.id/jso/mahasiswa/index2.php (diakses tanggal 25 januari 2017)
Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014a. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
.
Sugiyono. 2014b. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015a. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015b. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.