PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS LOCAL GENIUS TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWAKELAS IV SD

Ni Luh Heni Mirayanti, I Kt. Adnyana Putra, D.B.Kt. Ngr. Semara Putra

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle berbasis Local Genius terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus VIII Mengwi Badung Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester genap di Gugus VIII Mengwi Badung berjumlah 241 orang siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVB SD No. 3 Mengwi yang berjumlah 33 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD No. 2 Werdi Bhuwana yang berjumlah 33 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 6,169  dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 2,000. Hal ini berarti bahwa thitung> ttabel, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPA yang signifikan antara kelompok yang mengikuti Pembelajaran Learning Cycle berbasis Local Genius dan kelompok yang mengikuti Pembelajaran Konvensional. Dilihat dari nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen adalah 80,94 lebih besar dari rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol yang hasil rata-ratanya sebesar 70,14. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Learning Cycle berbasis Local Genius berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus VIII Mengwi Badung Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Learning Cycle, Local Genius  Kompetensi Pengetahuan IPA

ABSTRACT

The purpose of this researched was to find out the significant effect of learning Model “Learning Cycle” Local Genius Based towards Fourth Grade Elementary School Students’ Knowledge Competence of Science in Gugus VIII Mengwi Badung, Academic Year 2017/ 2018. The type of researched used was a pseudo-experimental design with nonequivalent control group design. The population of this reseachedwas all of the students of grade four, even semester in Gugus VIII Mengwi Badungthat consistwas 241 students. The samples of this study are the grade IV B in SD No. 3 Mengwi which is amounted to 33 students as experimental group and fourth graders of SD No. 2 Werdi Bhuwana amounted to 33 students as control group. The data knowledge competence of Science were collected by multiple choice as the test instrument. The collected data were analayzed using descriptive statistical analysis and t-test inferential statistics. Based on the results of data analysis, obtained t-count = 6,169  and t-table (at 5 % significance level) = 2.000. This means that t-count>  t-table, so it can be declared that there are significant differences in students’ knowledge competence of Science between the group that is treated using Learning Cycle  Local Genius Based with group that is treated using convensional learning . Judging from the students’ knowledge competence of Science’s average score in experimental group is 80.94 greater than the average score of the students’ knowledge competence of Science’s from the control group who got 70.14. So, it can be concluded that the learning Model “Learning Cycle” Local Genius Based has significant effect towards Students’ Knowledge Competence of Science of fourth-grade students, Gugus VIII Mengwi in Academic Year 2017/ 2018.

Keywords: Learning Cycle, Local Genius, Knowledge Competence of Science


Full Text:

PDF

References


Dhany.2006. Kamus Lengkap 15 Miliard.Surabaya: Mitra Agung

Kemendikbud.2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Republik Indonesia.

Kurniasih, Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Ngalimun, 2014.Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Setyosari, H. Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suja, Wayan. 2010. Kearifan Lokal Sains Asli Bali. Surabaya: Paramita.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Udayana, D. G. A. 2009. Tumpek Wariga : Kearifan Lokal Bali untuk Pelestarian Sumber Daya Tumbuh-tumbuhan. Surabaya: Paramita.

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.