PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN ASESSMEN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa kelas V yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Posing berbantuan asesmen portofolio dan siswa kelas V yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa SD di Gugus IV Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.Penelitian ini berjenis eksperimen semu dan menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan penelitian diperoleh hasil rata-rata kelompok ekperimen sebesar 22,36, sedangkan pada kelompok kontrol memperoleh rata-rata skor sebesar 16,83. Berdasarkan kategori data hasil belajar IPA diketahui bahwa hasil belajar IPA pada kelompok eksperimen termasuk ke dalam kategori sangat tinggi, sedangkan data hasil belajar IPA kelompok kontrol termasuk ke dalam kategori sedang.Berdasarkan analisis diperoleh thitung = 5,07, dan ttabel = 2,04. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasi belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing berbantuan asessmen portifolio dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional pada siswa kelas V semester Genap di SD Gugus IV Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Asessmen Portofolio, IPA, Problem Posing
Abstract
This research was aimed to determinated the significant different between the outcome of sience learning of the students who are taught with problem possing learning model assisted by portofolio assessment and of students taught by convencional learning in grade V students in elementary school of gugus IV Sukasada Distric. This research is quasi experimental and using non equivalent post test only control group design. Based on research gained average score amount 22,36 while in control group gained average score amount 16,83. Based on data category outcome of sience learning noted that data experimental category including to very high category. While data learning sience in group control including to medium category. Based on analysis gained tcount = 5,07, dan ttable = 2,04. That means there were differentce of outcome of sience learning between students who had been taught with problem posing asissted by portofolio assessment and student with conventional learning in the grade five students in elementary school of gugus IV Sukasada Districk in academic year 2017/2018.
Keywords: Portofolio Assessment, Sience, Problem Possing
Full Text:
PDFReferences
Jihad, Asep, dan Abdul Haris. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Rahayu, Endang Sadbudi, dkk. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Sekarmita.
Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009. Model-Model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Samatowa,Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Permata Puri Media.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudana, Dewa Nyoman,dkk.. 2010. Pendidikan IPA SD. Universitas Pendidikan Ganesha.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Jakarta: Prenadamedia Group.
Suprijono,.Agus. 2009. Cooperative Learning. Pustaka Belajar.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta.
Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Mandiri
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.