PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TREFFINGER BERBASIS PENILAIN KINERJA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS DEWI SARTIKA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

I Gusti Ayu Made Yunitasari, Ni Wayan Suniasih, DB. Kt. Ngr. Semara Putra

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe treffinger berbasis penilaian kinerja terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 327 siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa yang terdiri dari siswa kelas V SDN 7 Kesiman sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VA SDN 3 Kesiman sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes yakni tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe treffinger berbasis penilain kinerja terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t, diperolehthitung = 5,559 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 32+32-2 =62 diperoleh nilai ttabel = 2,000. Jadi thitung = 5,559 > t tabel = 2,000, serta rerata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen = 85,48 >= 68,14 kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bawha hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan khususnya sebagai penunjang peneliti dengan kajian yang lebih luas lagi dan memperdalam teori mengenai model pembelajaran tipe treffinger berbasis penilain kinerja.

Kata-katakunci :treffinger, penilainkinerja, IPA

Abstract

            This research amed to find out the effect of treffinger based performance assessment toward competence of natural science in v grade class SD Gugus Dewi Sartika school year 2017/2018. This research was quasi-experimental research with nonequivalent control group design. Population used in this research were 327 students in v class SD Gugus Dewi Sartika. Whereas samples used in this research were 64 students consist of students from V Grade class SDN 7 Kesiman as experiment class and students of VA grade class SDN 3 Kesiman as control group. Collecting data was conducted by using model test of multiple choice in which obtained data was analyzed using t-test analysis. so that it can be interpreted that there were treffinger type learning model based performance assessment toward competence of natural science of V grade students SD Gugus Dewi Sartika school year 2017/2018. This is evidenced by the results of calculations using t-test, Based on the analysis, it was obtained  tcount = 5,559 with significance level of 5%for dk = n1+n2-2 = 62 ttable = 2,000. As well as the average competence of natural science= 85,48 >= 68,14 control group. based on the result of the research, it is suggested the the result of this research should be able to be the relevant study, especially as researcher’s suport for larger study and deepen the theory about treffinger type learning model based performance assessment.

Key Words:  treffinger , Performance Assessment, natural science

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt Bumi Angkasa.

Darmadi , Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Febriantoro, Aang Dwi. 2015. Pengaruh Model Treffinger Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Struktur Bumi Siswa Kelas V SDN 1 Besolo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung

Jurnal: FKIP UNP. Pdf.http://jurnal.simki.unpkediri.ac.id(diakses pada 21 Januari jam 19.00)

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Pratami, Armita. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Ketrampilan Berbicara Siswa Kelas IV Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal:Undiksha.pdf.http://ejournal.undiksha.ac.id Volume 3 No 1 (Pada tanggal 15 Februari 2018 jam 19.30)

Sugiyono. 2017a. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017b. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.