PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

Km Trisnha Diantari, I Md Citra Wibawa, Pt Aditya Antara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif inside outside circle dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan dengan model inside outside circle pada kelas V SD di Gugus III Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equevalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD di Gugus III Kecamatan Baturiti tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 101 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik group random sampling dengan cara mengundi secara acak populasi. Dari hasil undian diperoleh SDN 2 Perean Tengah sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan SDN 1 Perean Kangin sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode tes dan instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pilihan ganda yang berjumlah 30. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t) polled varians. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inside outside circle dan yang dibelajarkan bukan dengan model pembelajaran inside outside circle. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 23,31 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 16,88. Selain itu, analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung = 5,97 lebih besar dibandingkan dengan ttabel = 2,021 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif Inside Outside Circle berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan tahun pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar IPA, model inside outside circle.

Abstract 

This study aims to determine the difference between the results of science learning group of students who dibelajarkan with cooperative learning model inside outside circle and group of students who were taught not with the model inside outside circle in class V SD in Gugus III District Baturiti Tabanan regency year 2017/2018. This research type is quasi experiment research with non-equevalent post test only control group design. The population of this research is class V SD in Gugus III Kecamatan Baturiti year lesson 2017/2018 which amounted to 101 people. The sample of this research is taken by group random sampling technique by randomly drawing population. from the draw was obtained SDN 2 Perean Tengah as experiment class which amounted to 29 people and SDN 1 Perean Kangin as control class which amounted to 26 people. The data of this research is obtained by using test method and the instrument used is test result of learning in the form of multiple choice which amount to 30. The next data is analyzed by using descriptive statistical analysis and inferential statistic (t-test) polled variance. The result of the research shows that there are differences of science learning outcomes between groups of students who are studied with the learning model inside outside circle and that is not learned with the learning model inside outside circle. The average value for the experimental class is 23.31 while for the control class it is 16.88. In addition, data analysis using t-test obtained tcount = 5.97 is greater than ttable = 2.021 at 5% significance level. Thus, the cooperative learning model of Inside Outside Circle affects the learning outcomes of science students of grade V SD in Gugus III Kecamatan Baturiti Tabanan regency for the academic year 2017/2018.

Keywords: inside outside circle model, learn outcomes

Full Text:

PDF

References


Adiyanto. 2017. “Kualitas SDM Indonesia Meningkat”. Tersedia pada http://mediaindonesia.com/news/read/122587/kualitas-sdm-indonesia-meningkat/2017-09-15.html (diakses tanggal 6 Desember 2017).

Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Adiya Media Publishing.

Antara, Putu Aditya dan I Gusti Komang Aryprastya Agus. 2013. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Metode Bermain Peran”. Jurusan Pedagogik – FIP – UPI dan Asosiasi Pendidikan Profesi Guru SD, Nomor 2, (hlm, 245-256).

Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Press.

Haryanti, Y. D. 2016. "Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Inside-Outside Circle". Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 94–104. Tersedia pada https://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/337 (diakses tanggal 7 Desember 2017).

Kemendikbud. 2017. Pemerataan Akses yang Berkualitas. Tersedia pada http://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2017/08/mendikbud-target-kita-bukan-sedekdar-pemerataan-akses-tetapi-akses-yang-berkualitas.html (diakses tanggal 6 Desember 2017).

Kurniasih. Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Cetakan Ke-3. Surabaya: Kata Pena.

Lestari, N. M. L. D. R., & Suwatra, I. W. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng”. Mimbar PGSD. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/746/619 (diakses tanggal 7 Desember 2017).

Megawati, K., Murda, I. N., & Riastini, P. N. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle ( IOC ) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013 / 2014 Di Gugus Vii Kecamatan Sawan”. Mimbar PGSD, 2(1).

Ningtiyanti, S. U. 2016. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Cerita Diri Melalui Metode Ioc (Inside Outside Circle)". Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 24–30. Tersedia pada https://i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/357/357 (diakses tanggal 6 Desember 2017).

Novemie, N. P. W., Agung, A. A. G., & I Gusti Ngurah Japa. 2016. "Pengaruh Model Pembelajaran IOC dan Motivasi IPA pada Siswa Kelas V". Mimbar PGSD, 4(1). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7329/4999 (diakses tanggal 6 Desember 2017).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.