PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle berbasis kearifan lokal dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalen control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus VIII Sukawati yang terdiri dari 92 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 42 siswa, yang terdiri dari SDN 5 Singapadu Kaler sebanyak 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 1 Singapadu Kaler sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan metode tes dan instrument yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan uji-t. Rata-rata hasil kompetensi pengetahuan IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran learning cycle berbasis kearifan lokal lebih tinggi dengan rata-rata 80,00 dibandingkan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional dengan rata-rata 72,14. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran learning cycle berbasis kearifan lokal dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional dengan thitung = 2,147; dengan taraf signifikansi 5% dan memiliki dk =n1+n2-2 = 40 diperoleh ttabel = 2,021. Hal ini berarti h0 ditolak dan ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle berbasis kearifan lokal berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV SD di Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018.
Kata-kata kunci : learning cycle, kearifan lokal, kompetensi pengetahuan IPA
Abstract
The purpose of this research was to know the significant difference of science knowledge competence between groups of students who were taught with learning models of the learning cycle based on local wisdom with students who were taught through conventional learning in fourth grade students of SD Gugus VIII Sukawati in academic year 2017/2018. This research used a quasi-experimental research with non-equivalent design group design. The population of this study was all students of class IV SD Gugus VIII Sukawati consisting of 92 students. The sample of this research were 42 students which were divided into two groups. The first group were 21 students as experiment class from SDN 5 Singapadu Kaler and the second group were 21 students as control class from SDN 1 Singapadu Kaler. The arrangement of experimental group and control group was done byusing random sampling technique. The data were obtained by test method and the instrument used for collecting the data was a regular multiple choices test. The data were analyzed by using t-test. The Result was that the student who were taught by using learning cycle based on local wisdom got 80.00 which was higher than the students who were taught through conventional learning with score only around 72.14.The results showed that there was a significant difference in the understanding of science knowledge competence between groups of students who were taught throughlearning model based on local wisdom and students who were taught through conventional learning with thitung = 2.147; with a significance level of 5% and had dk = n1 + n2-2 = 40 and obtained ttable = 2,021. This means h0 was rejected and hawas accepted. Thus it can be concluded that the learning model of learning cycle based on local wisdom has a effect on science knowledge competence in fourth graders of SD Gugus VIII Sukawati in academic year 2017/2018.
Keywords: learning cycle, local wisdom, knowledge competence of science.Full Text:
PDFReferences
Agustiana, I Gustu Ayu Tri dan I Nyoman Tika. 2013. Konsep Dasar IPA. Yogyakarta : Ombak.
Dantes, N. 2017. Analisis Dan Desain Eksperimen. Singaraja : Program Pasca Sarjana Undiksa.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Parama Ilmu.
Novrina, Dian. 2010. Evaluasi IPA Sekolah Dasar. Jakarta : Trans Mandiri Abadi.
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Satuan Pengawasan Intern Di Lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Kemendikbud
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidian dan Pengembangan. Malang: Prenada Media Group.
Suastra, I Wayan. 2010. “Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains Dan Nilai Kearifan Lokal Di SMP”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1697 (diakses pada tanggal 16 Januari 2018)
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Suja, I Wayan. 2010. Kearifan Lokal Sains Asli Bali. Denpasar : Paramita.
Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Suputra, Wyn. 2013. “Pengaruh Model GI (Group Investigation) Berorientasi Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SD Negeri Di Desa Sinabun”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/806/679 (diakses pada tanggal 12 Juli 2018)
Udayana, I Dewa Gede Alit. 2009. Tumpek Wariga. Denpasar : Paramita.
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.