HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI EKSTRINSIK DENGAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Ni Luh Putu Pradnya Pratiwi, I Ketut Ardana, MG. Rini Kristiantari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi ekstrinsik dengan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri 23 Dangin Puri Denpasar Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah ex-post facto bersifat korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 23 Dangin Puri Denpasar Utara Tahun Ajaran 2017/2018 terdiri dari 67 siswa. Populasi dalam penelitian ini sebesar 67 siswa dijadikan sampel maka penelitian menggunakan studi populasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data motivasi ekstrinsik siswa dengan angket dan  data kompetensi pengetahuan IPA siswa, yang dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen hasil  UTS IPA semester II siswa kelas V. Metode analisis data mengunakan uji  korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan dengan nilai korelasi  = 0,591 termasuk dalam kategori cukup kuat, nilai KP = 34,93 %.  Dan  nilai  sebesar  5,907. Nilai   dengan db 65 pada taraf signifikan 5% adalah 2,000.  Dari hasil analisis   menunjukan  nilai   lebih besar dari  (= 5,907 >  = 2,000). Sehingga  Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi ekstrinsik dengan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri 23 Dangin Puri Denpasar Utara Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Motivasi ekstrinsik, kompetensi pengetahuan IPA

Abstract

The purpose of this research is acknowledged the significant relation between the extrinsic motivation with the science subject competency in the class V SD Negeri 23 Dangin Puri Denpasar Utara in the year of academic 2017/2018. The research type is ex post facto, correlational. The research population is the whole of V class SD Negeri 23 Dangin Puri Denpasar Utara in the year of academic 2017/2018 which consist of 67 students. The research was using the population study because of the sum population that consisted of 67 students to be sampling. The data which was analyzed in this research consisted of student’s extrinsic motivation data with questionaires and student’s science subject competency which collected through the result of science subject middle semester test document achive method. The data analysis method was using the product moment correlation test. The result of the research has shown that there is a significant relation between rxy = 0,591 , which include in the strong category the KP = 34,93%. And the is aroud 5.907. while  with the db 65 in the significant level 5% is 2,000. from the analysis result has shown that  is more than  ( = 5,907 >  = 2,000). The resulted  analyze that Ho was declined and Ha was accepted. It latered on can be summarizes that the there was a significant relation between extrinsic motivation with students science subject competency of class V SD Negeri 23 Dangin Puri Denpasar Utara in the year of academic 2017/2018.

Keywords: Extrinsic motivation,science subject competency.


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede.2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang : Aditya Media Publising.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014 .Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.Bumi Aksara.

Danar, Vreedy Frans. 2012. Hubungan Antara Motivasi Belajar Intrinsik dan Ekstrnsik Siswa dengan Prestasi Belajar siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Vieo SMK Ma’arif 1 Wates. (diakses tanggal 11 November 2018)

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET.

Emzir. 2014, Metedologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran (Implementasi Kurikulum 2013). Bandung : Yrama Widya.

Nasution. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah ). Jakarta :Bumi Aksara.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sadirman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Sahiu dan Wijaya. 2017. Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas V Di SD Zion Makassar. Jurnal Jaffray, Vol 15, No. 2, Oktober2017. (diakses 5 Januari tanggal 2018)

Sanjaya, Wina 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Soemanto, Wasty. 2012. Psikologi Pendidikan : Landasan Pemimpin Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyno, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV ALFABETA.

Sugiyono, 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.