PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA

I Made Wijana Artha

Abstract


Peran mata pelajaran IPA adalah untuk mengenal dan memperlajari interaksi makhlu hidup dengan sesama dan lingkungan. Perlu adanya suatu innovasi dalam pembelajaran terutama metode pelajaran yang digunakan. Seperti halnya penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kerambitan Kelas VIII.D semester I yang kemampuan siswanya untuk tingkat prestasi belajar IPA siswa masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Kerambitan di Kelas VIII.D Semester  I  Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar IPA siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kunatum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII.D semester I yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 69,1 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 20,8%, pada siklus I meningkat menjadi 76,5 dengan prosentase sebesar 66,7% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 87,9 dengan prosentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas SMP Negeri 1 Kerambitan VIII.D semester I SMP Negeri 1 Kerambitan.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kuantum, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


A.M Sardiman. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dahlan, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Laila, N. (2013). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Kelas V SD. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 2(1).

Nana Sudjana, Dasar-dasar Belajar Mengajar, (Bandung: PT Sinar Baru Algensindo, 2000), hlm. 39-40

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Silogisme Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas III SMP Negeri Seririt (Experimen Pada Pokok Bahasan Reproduksi Generatif Tumbuhan Angiospermae). Tesis. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Saifudin Sau’d, Udin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, I. H., & Juliani, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya di Kelas VII Semester I Smp Negeri 3 Percut Sei Tuan TP 2013/2014. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 2(2).

Sriyono. 1992. Tehnik Belajar Mengajar CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Yogyakarta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Trisnawati, T., & Wutsqa, D. U. (2015). Perbandingan keefektifan quantum teaching dan TGT pada pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 296-307.

Widiyaningsih, E., & Pujiastuti, E. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 98-104.

Yatim Riyanto. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 11-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.