METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA

Ni Ketut Sri Ratnadi

Abstract


Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka perlu dilakukan sebuah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode belajar salah satunya adalah Metode Diskusi Kelompok Kecil. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kerambitan-Tabanan, dengan menggunakan kelas VII.C semester I yang nilai rata-rata kelas mata pelajaran IPAnya masih rendah yaitu 65,3. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Metode Diskusi kelompok Kecil dapat meningkatkan prestasi hasil belajar IPAsiswa SMP Negeri 2 Kerambitan-Tabanan di Kelas VII.Csemester  I  Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajarIPA siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 65,3 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 21,8%, pada siklus I meningkat menjadi71,4 dengan prosentase sebesar 62,5% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 82,0 dengan prosentase sebesar 100%.Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas VII.C semester I SMP Negeri 2 Kerambitan-Tabanan.

 

Kata kunci: Metode Diskusi Kelompok Kecil, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. 2001. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur'an, 10(2), 119-131.

A Rusyan, Tabrani, dkk, 1989, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remadja Karya.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

E. Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Fauzan, L. dan Hidayah, N. 1992. Konsep Diri: Bentuk dan Fungsinya. Majalah Pendidikan.21 (28): 59-63.

Lamajau, E. (2014). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai Melalui Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Kreatif Online, 5(1).

Paizaluddin, Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas.

Rasiti, N. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berbasismetode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dan Disiplin Siswa Pada Siswa Kelas Viii K SMP N 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 1(3).

Safitri, M., Gunatama, G., Hum, M., & Darmayanti, I. A. M. (2014). Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).

Suryabrata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Susilowati, D. (2013). Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Metode Ceramah Bervariasi Pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Siswa Kelas Xii Ips Sma Muhammadiyah 01 Pati. Economic Education Analysis Journal, 2(3).

Syahbana, B. A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Asertif Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Metode Diskusi Kelompok Dan Bermain Peran Pada Siswa Kelas XII Bahasa SMA N 1 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Wardhani, I.G.A.K. dkk. 2010. Perspektif Pendidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yamin, Martinis.2013. Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran .Jakarta : Gaung Persada Press group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.