PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Eka Yayuk Fransiska Simak

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menganalisis perbedaanpemahaman konsep dan keterampilan berpikir kreatif antara model pembelajaranquantum teaching dan model pembelajaran langsung pada siswa SMP, 2)menganalisis perbedaan pemahaman konsep antara model pembelajaran quantumteaching dan model pembelajaran langsung pada siswa SMP, 3) menganalisisperbedaan keterampilan berpikir kreatif antara model pembelajaran quantumteaching dan model pembelajaran langsung pada siswa SMP.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi pada siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Petang dengan design non-equivalent pre-test post-test control groupdesign yang dapat digunakan untuk pengontrolan secara statistik serta melihatpengaruh perlakuan terhadap capaian skor (gain score) pada data pemahamankonsep dan keterampilan berpikir kreatif. Sampel yang digunakan sebanyak duakelas (N=68), yaitu kelas eksperimen (n=33), dan kelas kontrol (n=35). Teknikanalisis dilakukan dengan analisis deskriptif dan statistik MANOVA dilanjutkandengan uji LSD.Analisis data ditemukan sbb: 1) terdapat perbedaan pemahaman konsepdan keterampilan berpikir kreatif antara model QT dengan DI, dengan F=11,35;p<0,05; 2) terdapat perbedaan PK antara model QT dengan DI, (F=15,28;p<0,05). Analisis LSD<ui-j yaitu 0,08<0,15 (p<0,05) yang berarti model QTmemberikan hasil PK lebih baik dibandingkan DI; 3) terdapat perbedaan KBKantara model QT dengan DI (F=7,32; p<0,05). Analisis LSD<ui-j yaitu 0,06<0,09(p<0,05) yang berarti model QT memberikan hasil KBK lebih baik dibandingkanDI. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model QTsebagai model alternatif dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA danketerampilan berpikir kreatif.

Kata kunci: QT, DI, pemahaman konsep, dan keterampilan berpikir kreatif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.