KOMPARASI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SRL DAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

I Ketut Putra Wiratha

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan self efficacy danhasil belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaranSRL, model pembelajaran ARIAS, dan model pembelajaran konvensional, (2)perbedaan self efficacy antara kelompok siswa yang belajar dengan modelpembelajaran SRL, model pembelajaran ARIAS, dan model pembelajarankonvensional, dan (3) perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang belajardengan model pembelajaran SRL, model pembelajaran ARIAS, dan modelpembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan eksperimen semu denganrancangan post-test only control group design. Pengambilan kelas penelitianberdasarkan teknik random sampling yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 122orang siswa kelas X SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2011/2012. Datadikumpulkan dengan kuisioner self efficacy dan tes hasil belajar. Data dianalisismenggunakan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Besarnya perbedaanrata-rata antar kelompok diuji dengan uji LSD pada taraf signifikansi 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat perbedaan self efficacy danhasil belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaranSRL, ARIAS, dan konvensional (F=17,538; p<0,05), (2) terdapat perbedaan selfefficacy antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran SRL,ARIAS, dan konvensional (F=8,344; p<0,05), (3) terdapat perbedaan hasil belajarantara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran SRL, ARIAS,dan konvensional (F=41,672; p>0,05). Hasil uji lanjut dengan LSD menunjukkanbahwa model pembelajaran SRL memberikan hasil yang tidak berbeda secarasignifikan dengan model pembelajaran ARIAS terhadap self efficacy siswa, danmodel pembelajaran SRL memberikan hasil yang berbeda secara signifikandengan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini berimplikasi pada diperlukannya pemberian kesempatankepada siswa untuk meregulasi pembelajarannya sendiri, sehingga siswa terbiasadengan pembelajaran secara mandiri dan mengkondisikan pembelajaran sesuaidengan karakteristik dirinya maupun tujuan belajar yang direncanakannya.Kesempatan belajar seperti ini dikembangkan melalui langkah-langkah dalammodel SRL.

Kata kunci: model pembelajaran SRL, model pembelajaran ARIAS, selfefficacy, hasil belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.