PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STM DAN CTL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

I Ketut Suwita

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis perbedaan pemahamankonsep dan keterampilan berpikir kritis pada siswa yang mengikuti pembelajaranmodel STM, CTL dan konvensional, (2) menganalisis perbedaan pemahamankonsep pada siswa yang mengikuti pembelajaran model STM, CTL dankonvensional, (3) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis pada siswayang mengikuti pembelajaran model STM, CTL dan konvensional.Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalahsemua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kuta Selatan Tahun Pelajaran2011/2012 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah anggota 129 siswa.Sampel diambil dengan teknik group random sampling. Data dikumpulkandengan tes, dan dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur.Untuk mengetahui besar perbedaannya digunakan uji LSD dengan tarafsignifikansi 5%.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1)terdapat perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis padasiswa yang mengikuti pembelajaran model STM, CTL dan konvensional (F =26,52; p<0,05); ( 2) terdapat perbedaan pemahaman konsep pada siswa yangmengikuti pembelajaran model STM, CTL dan konvensional (F=79,94; p<0,05).Rata-rata pemahaman konsep siswa yang menggunakan model STM lebih besardari CTL, dan konvensional. XSTM  70,36 ; SD = 7,84; XCTL  65,37; SD =6,94; dan XKON  51,00 ; SD = 5,45; dan (3) terdapat perbedaan keterampilanberpikir kritis pada siswa yang mengikuti pembelajaran model STM, CTL dankonvensional (F=0,95; p>0,05). Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa yangmenggunakan model STM lebih besar dari CTL, dan konvensional.XSTM  57,33; SD = 7,22; XCTL  51,78; SD = 5,89; dan XKON  46,70 ; SD =7,55.

Kata kunci: STM, CTL, pemahaman konsep, dan keterampilan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.