PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL TERHADAP KONSEP DIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SINGARAJA

I Komang Ary ANggara

Abstract


ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan konsep diri danpemahaman konsep antara kelompok siswa yang belajar dengan modelpembelajaran experiential dan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaankonsep diri antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaranexperiential dan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan pemahamankonsep antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaranexperiential dan model pembelajaran konvensional.Penelitian tergolong eksperimen semu dengan rancangan non-equivalentpost-test only control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas Xsemester 2 di Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 4kelas dengan jumlah siswa 158 orang. Sampel diambil dengan teknik simplerandom sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner konsep diri dan tespemahaman konsep. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif danMANOVA satu jalur. Untuk mengetahui besar perbedaan digunakan uji LSDdengan taraf signifikansi 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan konsep diridan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang belajar dengan modelpembelajaran experiential dan model pembelajaran konvensional (F=7,174;p<0,05), (2) terdapat perbedaan konsep diri antara kelompok siswa yang belajardengan model pembelajaran experiential dan model pembelajaran konvensional(F=6,378; p<0,05), (3) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompoksiswa yang belajar dengan model pembelajaran experiential dan modelpembelajaran konvensional (F=9,753; p>0,05). Hasil uji lanjut dengan LSDmenunjukkan bahwa model pembelajaran experiential lebih unggul dibandingkandengan model pembelajaran konvensional dalam konsep diri dan pemahamankonsep.

Kata kunci: model pembelajaran experiential, konsep diri, pemahaman konsep


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.