PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X SMAN 1 KEDIRI

I Made Mandra

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahamankonsep kimia dan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaransains teknologi masyarakat dan siswa yang belajar dengan model konvensional padasiswa SMA Negeri 1 Kediri, (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaanpemahaman konsep kimia antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sainsteknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model konvensional pada siswaSMA Negeri 1 Kediri, dan (3) untuk mengetahui apakah ada perbedaan sikap ilmiahantara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakatdengan siswa yang belajar dengan model konvensional pada siswa SMA Negeri 1Kediri.Penelitian ini menggunakan rancangan post-test only non-equivalent controlgroup design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan carasimple random sampling dengan jumlah sampel 160 orang. Variabel bebas dalampenelitian ini adalah model pembelajaran sains teknologi masyarakat, yang dikenakanpada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional yang dikenakanpada kelompok kontrol. Sedangkan pemahaman konsep kimia dan sikap ilmiah siswadalam penelitian ini berperan sebagai variabel terikat. Data yang telah dikumpulkandianalisa menggunakan analisis dan Uji MANOVA.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahamankonsep Kimia dan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang belajar dengan modelpembelajaran STM dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajarankonvensional (F = 25,734; p < 0,05) (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep kimiaantara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM dengankelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Pemahamankonsep kimia kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran STM dengan nilairata-rata 81,03 lebih tinggi dibandingkan dengan pemahaman konsep kimia kelompoksiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan rata-rata 72,34, dan (3)terdapat perbedaan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang belajar dengan modelpembelajaran STM dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajarankonvensional. Sikap ilmiah kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran STMdengan nilai rata-rata 183,25 lebih tinggi dibandingkan dengan sikap ilmiah kelompoksiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan rata-rata 177,32.. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep kimia dan sikap ilmiahsiswa SMAN 1 Kediri.

Kata-kata kunci: model pembelaran sains teknologi masyarakat (STM), pemahamankonsep kimia, dan sikap ilmiah siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.