PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN KINERJA ILMIAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 DENPASAR

I Made Sweca

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan perbedaan penguasaan materi dankinerja ilmiah dalam pembelajaran kimia antara kelompok siswa yang belajar denganmodel pembelajaran inkuiri bebas dengan kelompok siswa yang belajar dengan modelpembelajaran inkuiri terbimbing, (2) mendeskripsikan perbedaan penguasaan materidalam pembelajaran kimia antara kelompok siswa yang belajar dengan modelpembelajaran inkuiri bebas dengan kelompok siswa yang belajar dengan modelpembelajaran inkuiri terbimbing, dan (3) mendeskripsikan perbedaan kinerja ilmiahdalam pembelajaran kimia antara kelompok siswa yang belajar dengan modelpembelajaran inkuiri bebas dengan kelompok siswa yang belajar dengan modelpembelajaran inkuiri terbimbing.Penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Denpasar tahun pelajaran2011/2012 (8 kelas) yang berjumlah 314 orang. Penentuan sampel penelitian ditetapkandengan teknik pengundian kelas dengan jumlah sampel sebanyak 4 kelas yangberjumlah 158 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaraninkuiri bebas yang dikenakan pada kelompok eksperimen. Sedangkan penguasaanmateri dan kinerja ilmiah siswa dalam penelitian ini berperan sebagai variabel terikat.Data yang telah dikumpulkan dianalisa menggunakan analisis multivariat (MANOVA).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penguasaan materi dan kinerja ilmiahkelompok siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri bebas lebih tinggi darikelompok siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hal iniditunjukkan dari hasil analisis Fhitung = 24,362 dan angka signifikasi 0,000; (2)Penguasaan materi kelompok siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiribebas lebih tinggi dari kelompok siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiriterbimbing. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Fhitung = 4,872 dan angka signifikasi0,029. (3) Kinerja ilmiah kelompok siswa yang belajar melalui model pembelajaraninkuiri bebas lebih tinggi dari kelompok siswa yang belajar melalui model pembelajaraninkuiri terbimbing. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Fhitung = 46,348 dan angkasignifikasi 0,000 Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran inkuiri bebas berpengaruh terhadap penguasaan materi dan kinerja ilmiahsiswa.

Kata-kata kunci: model pembelajaran inkuiri bebas, penguasaan materi, dan kinerjailmiah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.