PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KINERJA ILMIAH SISWA SMP

I Nengah Sudarman

Abstract


ABSTRAK

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, pemahaman kosep, dan kinerja ilmiah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaanpemahaman konsep dan kinerja ilmiah antara siswa yang belajar melalui modelinkuri terbimbing dengan pembelajaran langsung. 2) perbedaan pemahamankonsep antara siswa yang belajar melalui model inkuri terbimbing denganpembelajaran langsung. dan 3) perbedaan kinerja ilmiah antara siswa yang belajarmelalui model inkuri terbimbing dengan pembelajaran langsung.Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakanrancangan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas IX SMP Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah144 orang dan seluruhnya diperlakukan sebagai sampel, dengan rincian 72 orangsebagai kelompok eksperimen dan 72 orang siswa sebagai kelompok kontrol yangditentukan secara random sederhana. Ada dua jenis data yang dikumpulkan dalampenelitian ini, yakni data pemahaman konsep yang dikumpulkan dengan tespemahaman konsep dan data kinerja ilmiah dikumpulkan dengan lembarobservasi. Data yang dianalisis adalah gain skor antara pretest dan posttest siswayang mengikuti pembelajaran inkuriri terbimbing dan siswa yang mengikutipembelajaran langsung. Sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakanMANOVA.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan pemahamankonsep dan kinerja ilmiah antara siswa yang belajar melalui model pembelajaraninkuri terbimbing dengan pembelajaran langsung (Fhitung = 91,268 dan p < 0,05),2) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar melaluimodel pembelajaran inkuri terbimbing dengan pembelajaran langsung (Fhitung =75,807 dan p < 0,05), dan 3) terdapat perbedaan kinerja ilmiah antara siswa yangbelajar melalui model pembelajaran inkuri terbimbing dengan pembelajaranlangsung (Fhitung = 74,782 dan p < 0,05).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.