PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS VII SMP NEGERI 1 NUSA PENIDA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjutuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang mengikuti strategi konflik kognitif dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. (3) mendeskripsikan pengaruh interaktif antara strategi pembelajaran konflik kognitif dengan pembelajaran konvensional dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar fisika siswa.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nusa Penida tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini dirancang menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 × 2, di mana strategi pembelajaran konflik kognitif sebagai variabel independen sedangkan kemampuan berpikir kritis sebagai variabel moderator atau variabel psikologi, prestasi belajar sebagai variabel dependen dengan desain ”Posttest only Control Group Design”. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur berbantuan SPSS 13.0 for windows.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang mengikuti strategi konflik kognitif dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan nilai F=20,882 dengan taraf signifikan 0,001 (p<0,05), (2) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dengan nilai F= 1,437 dengan angka signifikansi 0,234 (p>0,05), (3) terdapat pengaruh interaktif antara strategi pembelajaran konflik kognitif dengan pembelajaran konvensional dan kemampuan berpikir kritis tehadap prestasi belajar fisika dengan nilai F=19,631 dengan taraf signifikansi 0,001 (p<0,05).
Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada para guru hendaknya menggunakan model pembelajaran ini yang berlandaskan pada filosofi konstruktivisme sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Walaupun dalam penelitian ini keterampilan berpikir kritis tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar, para guru hendaknya para guru memperhatikan kondisi pembelajaran seperti minat, bakat kemampuan awal, motivasi, intelegensi dan lain-lain.
Kata kunci: konstruktivisme, strategi konflik kognitif, prestasi belajar dan keterampilan berpikir kritis.
ABSTRACT
The study aimed at describing: (1) the differences of physics learning achievement of the students learnt by cognitive conflict strategy and those learnt by conventional model, (2) differences of physics learning achievement of the students having higher critical thinking from those having lower critical thinking, (3) interactive effect between cognitive conflict strategy and conventional instructional model and ability of critical thinking towards physics learning achievement.
The study was conducted at SMP Negeri 2 Nusa Penida in 2011/2012, by utilizing quasi-experimental method, with 2x2 factorial and post-test only control group design , involving the population of the students class VII. The samples were determined by using simple random sampling. Cognitive Conflict strategy was considered as an independent variable, while ability of critical thinking was considered as moderator independent variable or psychological variable, learning achievement was considered as dependent variable. The data were analysed by using two-tailed ANAVA supported by SPSS 13.00 for windows.
The results indicated that (1) there was a different physics learning achievement of the students learnt by cognitive conflict strategy and those learnt by conventional model with F=20.882 with signification figure of 0.001 (p<0.05), (2) there was no different physics learning achievement of the students having higher level of critical thinking from those having lower level of critical thinking with F=1.437 with significant figure 0.234 (p<0.05) (3) there was an interactive effect between cognitive conflict strategy and conventional model of instruction and critical thinking ability towards physics learning achievement with F=19.631 with significant figure 0.001 (p<0.05).
Based on the findings, the teachers were recommended to use this instructional model based on the philosophical of constructivism as an alternative to improve the students learning achievement. Even in this study critical thinking skills did not prove to give significant effect towards learning achievement, the teachers should provide greater attention to the students’ interest, initial aptitude, motivation, intelligence, and so on.
Key-words: constructivism, cognitive conflict strategy, learning achievement and critical thinking skills.
Key-words: constructivism, cognitive conflict strategy, learning achievement and critical thinking skills.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.