PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR FORMAL DAN SIKAP ILMIAH SISWA

Ni Putu Erni Maryati Rupilu

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan: (1) KBF dan SI  antara kelompok siswa yang belajar dengan MPGI dan kelompok siswa yang belajar dengan MPK, (2) KBF antara kelompok siswa yang belajar dengan MPGI dan kelompok siswa yang belajar dengan MPK, dan (3) SI antara kelompok siswa yang belajar dengan MPGI dan kelompok siswa yang belajar dengan MPK. Fokus masalah penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap KBF dan SI siswa.

Penelitian ini menggunakan desain eksperimen post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Abiansemal tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri atas 560 siswa. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik random sampling. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA one-way. Sebagai tindaklanjut dari MANOVA one-way, maka digunakan Least Significant Difference (LSD) untuk menguji signifikansi perbedaan skor rata-rata tiap kelompok perlakuan.

Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan KBF dan SI antara kelompok siswa yang belajar dengan MPGI dan kelompok siswa yang belajar dengan MPK (F = 44,46; p<0,05). Secara deskriptif, KBF siswa pada kelompok MPGI memperoleh skor rata-rata sebesar 27,21; sedangkan KBF siswa pada kelompok MPK memperoleh skor rata-rata sebesar 24,38. Kemudian, skor rata-rata SI yang diperoleh siswa pada kelompok MPGI adalah 218,65, sedangkan siswa pada kelompok MPK memperoleh skor rata-rata SI sebesar 197,95. Kedua, terdapat perbedaan KBF antara kelompok siswa yang belajar dengan MPGI dan kelompok siswa yang belajar dengan MPK (F = 32,14; p<0,05). Uji LSD menunjukkan bahwa MPGI memberikan hasil KBF yang lebih baik daripada MPK (Δµ = 2,83 > LSD = 0,99). Ketiga, terdapat perbedaan SI antara kelompok siswa yang belajar dengan MPGI dan kelompok siswa yang belajar dengan MPK (F = 56,23; p<0,05). Uji LSD menunjukkan bahwa MPGI memberikan hasil SI yang lebih baik daripada MPK (Δµ = 20,70  > LSD = 5,50). Oleh sebab itu, disarankan kepada para guru sains maupun guru bidang studi lain untuk menggunakan MPGI dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan KBF dan SI siswa.

Kata Kunci: Model pembelajaran Guided Inquiry (MPGI), Model Pembelajaran Konvensional (MPK), KBF (KBF), dan SI (SI).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.