PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

IB. Siwa ., I W. Muderawan, Nyoman tika

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Pada kelompok eksperimen diterapkan model pembelajaran berbasis proyek, sedangkan pada kelompok kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan ANAVA dua jalur.  Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan  proses sains antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran proyek dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan nilai FA = 38,5313 pada taraf signifikansi 0,05. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar keterampilan proses sains dengan nilai FAB = 173,5383 pada taraf signifikansi 0,05. (3) Terdapat  perbedaan hasil belajar keterampilan proses sains antara kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif  field dependent dengan nilai FB = 14,3898 pada taraf signifikansi 0,05.

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, gaya kognitif

 

Abstract

This study aimed at investigating the effect of project-based learning model to ward the science process skills based on the students’ cognitive styles. The design of the study was quasi-experimental research design with non-equivalent post-test only control group design. On the experimental group it was applied project-based learning model, whereas in the control group it was applied a conventional learning model. The data were analyzed by applying descriptive statistics and inferential statistics using Two-Way ANOVA . The results of the research were (1) There are differences in learning out comes on the science process skills of the students who take Project-based learning model and the students who take conventional learning model with the value of FA = 38.5313 at significance level of 0.05. (2) There is an interaction effect between the model of learning and cognitive style on learning out comes of science process skills with the value of FAB= 173.5383 at significance level of 0.05. (3) There are differences in learning out comes on the science process skills of the students who have a field independent cognitive style and students who have a field dependent cognitive style with the value of FB = 14.3898 at significance level of 0.05.

 

Keywords: project-based learning, cognitive style

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.