PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI

I Made Sudarsa, Wayan Karyasa, Nyoman Tika

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe student team achievement divisions berbantuan lembar kerja siswa terhadap pemahaman konsep kimia ditinjau dari motivasi berprestasi.  Rancangan  yang digunakan adalah the non– equivalent post test only control group design dengan uji ANAVA dua jalur. Populasi adalah siswa kelas X di SMA Negeri 2 Negara berjumlah 273 orang terbagi dalam 7 kelas dan sampel sebanyak 234 orang yang terbagi dalam 6 kelas.  Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan nilai pemahaman konsep kimia pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions berbantuan lembar kerja siswa, kooperatif tipe student team achievement divisions tanpa lembar kerja siswa, dan model pembelajaran langsung pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa terhadap nilai pemahaman konsep kimia.

 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, lembar kerja siswa, motivasi berprestasi, pemahaman konsep kimia

 

Abstract

The study was aimed to analyze the effect of cooperative learning model of type student team achievement divisions assisted by student worksheet to  comprehension chemistry concept understanding in term of achievement motivation. The research is the design of non-equivalent post test only control group design by ANOVA test with two tiles. Population are students of class X in SMA Negeri 2 Negara totaled 273 people divided into 7 classes and a sample of 234 people were divided into 6 classes. The results are: 1) there are differences in the value of understanding chemistry concepts that students taught with cooperative learning model student teams achievement divisions aided student worksheets, cooperative student teams achievement divisions without student worksheets, and direct instructional model in the group of students who have high achievement motivation with a group of students who have low achievement motivation,  (2) there were interaction between learning model and learning achievement motivation on the chemistry concept understanding

Keywords: cooperative learning model, student worksheet, archievement motivation, chemistry concept understanding

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.