Pengaruh Model Telaah Yurisprudensi Inquiri Berbasis Ice Breaking Terhadap Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model telaah yurisprudensi inquiri berbasis ice breaking terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V di MIN 2 Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok siswa kelas V MIN 2 Buleleng berjumlah 93 siswa. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 60 siswa diambil dengan teknik random sampling diperoleh hasil kelas VA MIN 2 Buleleng sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB MIN 2 Buleleng sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes bentuk uraian dan tes bentuk objektif. Teknik analisis data dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran telaah yurisprudensi inquiri berbasis ice breaking dengan model pembelajaran konvesional, 2) terdapat perbedaan hasil belajar Pkn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran telaah yurisprudensi inquiri berbasis ice breaking dengan model pembelajaran konvesional, dan 3) secara simultan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Pkn antara siswa yang mengikuti telaah yurisprudensi inquiri berbasis ice breaking dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvesional.
Kata kunci : telaah yurisprudensi inquiri, ice breaking, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar PKn.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Damanik. H. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Jurisprudential Inquiry Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar PPKn. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM.
Fitri. W. N. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Inquiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peran Serta Dalam Sistem Politik di Indonesia Siswa Kelas X SMK PGRI 3 Kediri”. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Frida. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Yurisprudensi Inquiri Pada Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMAN 1 Wonoayu. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. UNESA. Vol.03, No.04.
Khadiyanti, I. 2014. “Pengaruh Ice Breaking dan Media Poster Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Siswa SD Negeri Pajang 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014”. Naskah Publikasi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Ruminiati. 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.
Sifa, A.M.A, dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Jurisprudential Inquiry Terhadapcivic Participation Siswa Kelas V SD. Antologi UPI. Vol.05, No.01.
Sunarto. (2012). Ice Breaker Dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media.
Supratmi, N. 2011. Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Kritis Dengan Menggunakan Metode Debat Konfrontatif. Jurnal Pendidikan. Vol. 12. No. 02.
Titik, R.Y. 2016. Model Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Pkn. Widyagogik. Vol. 04. N0. 01.
.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i2.2683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.