PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA

NW Dia Irayanti, Sariyasa -, I Made Gunamantha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap terhadap matematika pada siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Tabanan. Populasi dalam penelitian ini 506 orang siswa. Dua kelas dipilih secara random sebagai sampel dengan jumlah siswa 84 orang. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian dan data sikap terhadap matematika dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan etnomatematika dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan sikap terhadap matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan etnomatematika dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 3) secara simultan, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan sikap terhadap matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan etnomatematika dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Pembelajaran konvensional dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran saintifik.

 

Kata Kunci:       etnomatematika, group investigation, kemampuan berpikir kritis, sikap terhadap matematika

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2012. Learning to Teach 9th Edition. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Avisca, K.C.W., dkk. 2018. Peningkatan Critical Thinking dan Collaborative Skill Matematika Melalui Model Group Investigation Berbantuan Magic Ball. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran 2, 2 (Halaman 129-138).

Eggen, P., Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta : PT.Indeks.

Feldman, D. A. 2010. Berpikir Kritis Strategi untuk Mengembangkan Keputusan. Terjemahan: Ati Cahayani. Jakarta: Indeks.

Johnson, David W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. 2010. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama. Penerjemah: Narurita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Junidar. dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 030 Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa UNRI.

Karinawati, A. dkk. 2016. Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Sunda terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Kalimaya, Volume 4.

Marzuki dan Safrina. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Segitiga melalui Model Pembelajaran Group Investigation di Kelas IV SD Negeri 1 Jeunieb. Jupendas Vol. 4.

Mushoddik., dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MAN 6 Jakarta. Geo Edukasi Vol. 5, No.2, October 2016.

Putra, R.W.Y., dan Indriani, P. 2017. Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1, Juni 2017 (Hal 21 – 34).

Richardo, R. Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Literasi Volume II (Halaman 118-125).

Setiawan, R.H., dan Harta, I. 2014. Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1-Nomor 2, November 2014 (Hal 240-256).

Suartika, K., Arnyana, IB., Setiawan, G. A. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Sulianto, J. 2008. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras Vol. 4.

Suhartini., dan Martyanti, A. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. JURNAL GANTANG Vol. II, No. 2, September 2017.

Wahyuni, M., dkk. 2017. Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Antara Siswa yang Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Model Reciprocal Teaching. Jurnal UNJ (Halaman 37-45).




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.