PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengetahui pengaruh problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III gugus X Buleleng yang berjumlah 102 siswa dan sampel berjumlah 58 siswa. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes essay sedang data hasil belajar IPA menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji manova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbasis problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas III di sekolah dasar; 2) terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbasis problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III di sekolah dasar; dan 3) terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbasis problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA secara simultan pada siswa kelas III di sekolah dasar.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Agustiana, I.G.A.T dan Tika, I.N. 2017. Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: Ombak
Asri, B.W, Nurhalim, K dan Suhandini, P. 2019. “ The Implementation of Talking Stick Model Assisted by Audio-Visual Media Toward Positive Character and Learning Outcome”, Journal of Primary Education. 8 (2): 225-231
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Bakhri, S dan Supriadi. 2017. “Peran Problem-Based Learning (PBL) dalam Upaya Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa pada Pembelajaran Matematika” Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY : PM-717-PM-722
Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan; Tinjau Dari Dimensi Makropedagogis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Garbier, E, Bailly G dan Bosse, M.L. 2018. “Audio-visual Synchronization in Reading While Listening to Texts: Effects on Visual Behavior and Verbal Learning”. Computer Speech and Language, Elsevier,47, p.p 79-92.
Hidayati, A.U dan Ratnawati, H. 2016.”Effectiveness Problem Based Learning and Scientific Approach to Improve Higher Order Thinking Skills”,Implementation and Education of Mathematic and Science, ME 55-ME 60
Masyhud, M. S. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK)
Paramartha, I,M,D, Suniasih, N.W dan Negara, I.G.A.O. 2016. “Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA”, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha,1(4),1-10
Pebriana, R dan Disman. 2017. “Effect Of Problem Based Learning To Critical Thingking Skills Elementary School Students In Social Studies”, Journal of Elementary Education, 1(1):109-118
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 21 Tahun 2016 Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional RI
Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional RI.
Vera, K dan Wardani, K.W. 2018. “Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual pada Siswa Kelas IV SD”,Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan,2(1),33-45
Virginia, A dan Wasitohadi. 2016. “Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong-Blora Semester 2 Tahun 2014/2015”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,2(6),100-118
Wijaya, E. Y. 2016. ”Tranformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, (1),263-278
Zejnilagić-Hajrić, M.*, Šabeta, A., dan Nuić, I. 2015. “ The effects of problem-based learning on students' achievements in primary school chemistry”, Bulletin of the Chemists and Technologists of Bosnia and Herzegovina, 44,17-22
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.