PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN MENANYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan menanya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di gugus II Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar yang berjumlah 76 siswa dengan sampel sebanyak dua kelas yang berjumlah 52 siswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan menanya masing-masing dikumpulkan dengan tes objektif dan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan kemampuan menanya antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (3) secara simultan terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan menanya antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kemampuan berpikir tingkat tinggi, kemampuan menanya, model pembelajaran berbasis masalah
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Andi.
Lamanepa, G. H., & Panis, I. C. (2018). Peningkatan Kemampuan Bertanya dan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA dalam Pembelajaran Fisika Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 3(1), 99-110.
Hanifah, N & Julia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. Sumendang: Sumedang Press.
Noma, D, L., Prayitno, B, A., & Suwarno. (2016). PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Bioedukasi, 9 (2), 62-66.
Nugroho, R Arifin. 2018. HOTS:High Order Thingking Skills. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ramadhan, F., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Kemampuan Bertanya Siswa Kelas X SMA Swasta Kota Batu pada Pelajaran Biologi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 11-15.
Riadi, A. (2016). Problem-based learning meningkatkan higher-order thinking skills siswa kelas VIII SMPN 1 Daha Utara dan SMPN 2 Daha Utara. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 154-163.
Rosidah, C. T. (2018). Penerapan model problem based learning untuk menumbuhkembangkan higher order thinking skill siswa sekolah dasar. Jurnal inventa, 2(1), 62-71.
Royantoro, F., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 371-382.
Shadiq, Fadjar. 2009. Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Jakarta: Depdiknas.
Silaen, Sofar dan Widiyono. 2013. Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: In Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susetyo, B. 2015. Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.
Suyatno, 2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Progrsif:Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS). JISAE: Journal of Indonesian Student Assesment And Evaluation, 3(1), 32-44.
Widaningsih, I. 2019. Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Indrustri 4.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Wahyudhiatmika, P., Putra, D. K. N. S., & Abadi, I. B. G. S. (2015). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menanya pada Proses Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 (Tema Sejarah Peradaban Indonesia) Di Kelas V Sd Negeri 7 Sesetan Tahun Ajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
Wulandari, N. F. (2015). Jailani.(2015). Indonesian Students’s Mathematics Problem Solving Skill in PISA and TIMSS. In Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education of Mathematics And Sciences 2015.
Yoesoef, A. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menanya Dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2691
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.