PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN HASIL MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan, 1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar dengan model pembelajaran konvesional, 2) untuk mengetahui perbedaan hasil membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar dengan model pembelajaran konvesional, 3) untuk mengetahui secara simultan perbedaan kemampuan membaca dan hasil membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvesional. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan Single Factor Independent Group Design. Populasi penelitian seluruh kelas IV SD, sampel berjumlah 65 siswa. Penetapan sampel dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes bentuk objektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menghasilkan, 1) terdapat perbedaan kemampuan membaca siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan hasil membaca pemahaman siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 3) secara simultan terdapat perbedaan kemampuan membaca dan hasil membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambar dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Kemampuan Membaca, Membaca Pemahaman, CIRC
Full Text:
PDFReferences
Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia pada http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf. (diakses tanggal 14 November 2018).
Dantes. 2017. Desain Eksperimen Dan Analisis Data. Singaraja: Undiksha Press.
Jano, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Membaca Pemahaman Ditinjau dari Kemampuan Verbal Siswa SD Kelas V. Universitas Pendidikan Ganesha.
Kautsar. 2017. Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Siswa Kelas V MIN 40 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Setiawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Tulisan Eksposisi Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD (Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017).
Slamet, 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Slavin. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudarmaji. 2010. Upaya Meingkatkan Kemampuan Apresiasi Cerita Pendek Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas V SD Negeri IV Pulutan Wetan Wuryantoro Wonogiri Tahun Ajaran 200/2010. Jawa Tengah: Universitas Terbuka Wonogiri.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumira, dkk. 2017. Pengaruh Metode Scramble terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kecerdasan Interpersonal Siswa SD. Universitas Negeri Jakarta.
Yudasmini. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Memahami Bacaan Pada Siswa Kelas Vi Di Sekolah Dasar Gugus Buruan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Volume 5, No 1 Tahun 2015).
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2692
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.