PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN BELAJAR DAN BERINOVASI PADA MATA PELAJARAN IPA SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan terhadap instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD. (2) mengetahui design instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD. (3) mengetahui kualitas instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD hasil pengembangan dari aspek validitas, reliabilitas dan kepraktisan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di seluruh sekolah dasar gugus 6 Kecamatan Banjar Buleleng Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) instrumen keterampilan belajar dan berinovasi sangat dibutuhkan oleh siswa SD. Hal ini dikarenakan kegiatan asesmen sangat penting dalam pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana keterampilan belajar dan berinovasi peserta didik, (2) design instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD mengacu pada kriteria secara kualitatif maupun secara kuantitatif. Ketrampilan berpikir kritis, pemecahan msalah dan kreativitas siswa berupa tes uraian, sedangkan keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berkolaborasi berupa lembar observasi, (3) kualitas Instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD hasil pengembangan sudah memenuhi dari aspek validitas, reliabilitas dan kepraktisan.
Kata-kata kunci: pengembangan instrumen asesmen, keterampilan belajar dan berinovasi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI
General Innovation Skills Aptitude Test 2.0. A product of The Conference Board of Canada’s Centre for Business Innovation. The Conference Board of Canada, 2013.
Kunandar, 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Marhaeni, A. A. I. N., & Kusuma, I. P. I. 2017. Analisis Implementasi Asesmen Autentik pada Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA di Bali. In Seminar Nasional Riset Inovatif ,5: 555-561.
Nurkancana W. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
OECD. 2003. The PISA 2003 Assessment Framework. Paris: OECD. (http://www.businessinsider.co.id/pisa-worldwide-ranking-of-math-science-reading-skills-2004-12/). Di download pada tanggal 21 Januari 2019
OECD. 2015. PISA 2015 Results. OECD. (http://www.businessinsider.co.id/pisa-worldwide-ranking-of-math-science-reading-skills-2016-12/). Di download pada tanggal 21 Januari 2019
Read Write Read Write Think 2005, Collaborative Work Skills Rubric, International Reading Association/Ncte.
Sekaran, U. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keempat.Jakarta: Salemba Empat.
Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
Warsita, B. 2011. Modul: 01 Analisis Kebutuhan Sistem Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Yahya, M. 2018. Era Industri 4.0 Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Disampaikan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Tanggal 14 Maret 2018
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.