PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGENDALIAN KEMAMPUAN NUMERIK PADA SISWA KELAS III SD GUGUS KOMPYANG SUJANA DENPASAR UTARA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika dengan pengendalian kemampuan numerik. Populasi meliputi seluruh siswa kelas III SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 381 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes yaitu tes prestasi belajar matematik dan tes kemampuan numerik. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis single factor indefendent group design with use of covariate. Data dianalisis menggunakan ANAKOVA dengan bantuan SPSS 16 For Windows dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil analisis data diperoleh Fhitung = 24,943 > Ftabel = 3,97 dan angka signifikansi lebih kecil dari 0,05. Rata-rata skor prestasi belajar matematika kelompok eksperimen lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontrol ( = 20,4 > = 17,46) dan rata-rata skor kemampuan numerik kelompok eksperimen lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontrol ( = 19,7 > = 17,36). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika dengan pengendalian kemampuan numerik.
Katakunci: pembelajaran matematika realistik, kemampuan numerik
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abed, E.R. 2016. Developing a Numerical Ability Test for Students of Education in Jordan: An Application of Item Response Theory. Journal of International Education Studies; Vol. 9, No. 1, Summer 2016, ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039, http://dx.doi.org/10.5539/ies.v9n1p161(diakses tanggal 2 Desember 2018)
Achdiyat, M., & Rido. 2017. Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, Dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI, ISSN: 2088-351X (halaman 234-245), https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/2234 (diakses tanggal 2 Desember 2018)
Amin, A. 2016. Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Model Pembelajaran. Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Vol 4, No. 1, ISSN: 2460-9927, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/7688 (diakses pada tanggal 4 Desember 2018)
Amir, A. 2014. Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik, Vol. VI, No. 01 Januari 2014, http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/166 (diakses pada tanggal 2 Desember 2018)
Isrok & Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara
Jayantika, I.G.A.N.T. 2013. Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Di Kabupaten Buleleng. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Volume 2 Tahun 2013, https://media.neliti.com/media/publications/102985-ID (diakses pada tanggal 7 Desember 2018)
Laurens, T., dkk. 2017. How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement. Journal of Mathematics Science and Technology Education, ISSN: 1305-8223, http://ijci.wcci-international.org/index.php/IJCI/article/view/56 (diakses pada tanggal 10 Desember 2018)
Lestari, L., & Edi. 2017. The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) (2017), Volume 34, No 1, pp 91-100, http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied (diakses pada tanggal 12 Desember 2018)
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta Depdiknas
Wibowo. 2013. Pengaruh Implementasi Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Dan Inteligensi Pada Siswa Kelas V. Jurnal Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha volume 3 tahun 2013, https://media.neliti.com/media/publications/122089-ID (diakses pada tanggal 18 Desember 2018)
Yusuf, M. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zakaria, E., & Muzzakir. 2017. The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Journal of Department of Teaching and Learning Innovations Faculty of Education Universiti Kebangsaan Malaysia, Number 01, Summer 2017 (32-40), https://www.ispacs.com/journals/metr/2017/metr-00093/article.pdf (diakses pada tanggal 19 Desember 2018)
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i1.2864
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.