Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains siswa kelas IV SD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus 1 Gianyar dengan jumlah 487 orang. Sampel penelitian sebanyak 65 orang ditentukan dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini adalah single factor independent groups design. Data kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains masing-masing dikumpulkan menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran Talking Stick dan secara saintifik, (2) terdapat pengaruh yang signifikan literasi sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran Talking Stick dan secara saintifik, (3) terdapat pengaruh simultan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran Talking Stick dan secara saintifik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Talking Stick berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains siswa kelas IV SD.
Kata kunci : Model Talking Stick, Kemampuan Berpikir Kreatif, Literasi Sains
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Ayuni, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology. Vol. 1 No. (2) (diakses pada tanggal 20 Mei 2018)
Bashooir & Supahar. 2016. Analisis Aspek Kinerja Literasi Sains Pada Materi Kalor Fisika. Unnes Physics Education JournalUPEJ 5 (1) (diakses pada tanggal 20 Mei 2018)
Cahyana, dkk. 2017. Relasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sekolah Dasar,Tahun 26, Nomor 1, Mei (diakses pada tanggal 26 April 2018)
Jamiah dan Edy. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Metode Math Magic terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Di Kelas V SD Negeri 200211 Padang Sidimpuan. Sidimpuan. AXIOM: Vol. V, No. 2, Juli. (desember Diakses pada tanggal 10 November 2018)
Kurniasih dan Berlin. 2016. Model Pembelajaran . Jakarta: Kata Pena
Maryanni,I. 2015. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktek). Yogyakarta:Deepublish
Paolini, A. 2015. Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. The Journal of Effective Teaching Volume 15, No.1. (diakses pada tanggal 2 Oktober 2018)
Purnamiati, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas VI Sd No. 3 Benoa Kabupaten Badung.Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (diakses pada tanggal 12 Mei 2018)
Sari, D M. 2017. Analysis Of Students’ Mathematical Communication Ability By Using Cooperative Learning Talking Stick Type. Journal of Mathematics Education.
Volume 6, No. 2, September (diakses pada tanggal 18 September 2018)
Sulaiman,dkk.2015. Impact of Creativity to Organizational Competitiveness. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 5, No. 8 August. (diakses pada tanggal 12 Agustus 2018)
Suastra. 2017. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yuna, Q. 2015. Kontribusi Peran Orang tua Dan Guru Mata Pelajaran Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi. Vol 1, Nomor 1, Juni (diakses pada tanggal 29 April 2018)
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i1.2865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.