PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STARTER EXPERIMENT APPROACH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan proses dan hasil belajar IPA, antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Starter Experiment Approach dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group Design dengan populasi penelitian siswa kelas VI SD N 1 Dajan Peken Tabanan. Sampel penelitian sebanyak 150 siswa diambil menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik dan tes hasil belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan; (1) keterampilan proses siswa yang mengikuti pembelajaran model Starter Experiment Approach lebih baik dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional; (2) hasil belajar IPA yang mengikuti pembelajaran model Starter Experiment Approach lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; dan (3) terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan proses dan hasil belajar siswa secara bersama-sama.
Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Keterampilan Proses, dan Starter Experiment Approach
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Aydogdu, B. 2015. “The Investigation of Science Process Skills of Science Teachers in Terms of Some Variables.” Educational Research and Reviews, v10 n5 p582-594 Mar 2015. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1063033 tanggal 22 Mei 2019.
Darmayanti, N.W.S., Sadia, W., dan Sudiatmika, A.A.I.A.R. 2013. ”Pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Kognitif.” Jurnal Pendidikan dan IPA Indonesia Vol 3, No 1 (2013). Diakses dari http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/553 tanggal 22 Mei 2019.
Departemen Pendidikan Nasional, 2013. Definisi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jakarta: Depdiknas.
Dewi, N.L.P.Y., Suniasih, N.W., dan Negara, I.G.A.O. 2014. “Pengaruh Pendekatan Starter Eksperimen (Pse) Berbasis Reinforcement Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Letda Kajeng Kecamatan Denpasar Utara”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1928 tanggal 16 Mei 2019.
Dwijono, H., Sunarno, W., dan Sugiyarto,S. 2013. ” Pembelajaran biologi dengan pendekatan starter eksperimen (PSE) melalui inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi ditinjau dari keterampilan proses sains dan kreativitas siswa.” Jurnal Pendidikan IPA 2 (02). Diakses dari https://scholar.google.co.id/citations?user=waezo5IAAAAJ&hl=id tanggal 22 Mei 2019.
Karlina, A.P. 2017. “Pengaruh Starter Experiment Approach terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA/SMK Kelas X”. Prosiding Seminar Nasional (e-Journal) SNF 2017, Volume VI Oktober 2017. https://doi.org/10.21009/03.SNF2017 diunduh pada tanggal 10 Maret 2018.
Li, Y.W. 2016. “Transforming Conventional Teaching Classroom to Learner-Centered Teaching Classroom Using Multimedia-Mediated Learning Module”. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 6, No. 2, February 2016. http://ijiet.org/vol6/667-K00013.pdf. Diunduh tanggal 27 Maret 2018.
Monica, K.M.M. 2005. “Development and Validation of a Test of Integrated Science Process Skills for the Further Education and Training Learners.” South Africa: University of Pretoria. Diunduh dari https://repository.up.ac.za/bitstream/handle/2263/24239/dissertation.pdf;sequence=1. Tanggal 15 Maret 2018.
Nyeneng, I.K., Lasmawan, I.W., Dantes, N. 2015. “Pengaruh Model Pendekatan Starter Eksperimen (PSE) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Sains Siswa Sd Gugus VIII Kecamatan Abang.” e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 5 Tahun 2015). http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/jurnal_pendas/article/download/1495/1166 diunduh 30 Maret 2018.
OECD. 2015. “Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2015”. Https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. Diunduh pada tanggal 14 Maret 2018.
Purwanto, J., Hasanah, D., dan Syafaat, F.Y. 2017. “Efektivitas Starter Experiment Approach (SEA) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik pada Pelajaran Fisika Kelas XI.” Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 8 No. 2 – September 2017. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F. Diunduh pada tanggal 10 Maret 2018.
Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan. 2015. “TIMSS Infographic”. Http://www.acdp-indonesia.org/wp-content/uploads/2017/01/TIMSS-infographic.pdf. Diunduh pada tanggal 14 Maret 2018.
Rahmasiwi, A., Santosari, S., dan Sari, D.P. 2015. “Peningkatan Keterampilan Proses Sains SIswa dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Inkuiri di Kelas XI MIA 9 (ICT) SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun 2014/ 2015. file https://media.neliti.com/media/publications/174936-ID-none.pdf. Diakses tanggal 6 Januari 2018.
Reagh, Z.M. dan Yassa M.A. 2014. “Repetition Strengthens Target Recognition but Impairs Similar Lure Discrimination: Evidence for Trace Competition.” Journal Learning Memory 21:342–346; Published by Cold Spring Harbor Laboratory Press ISSN 1549-5485/14 diunduh dari http://learnmem.cshlp.org/content/21/7/342.full.pdf+html?sid=d510e840-b02d-4234-a184-a3ec38d68a35 tanggal 18 Mei 2019.
Schonherr, J., Berg, E.V. dan Campus 1996. “The Starter Experiment Approach (SEA) to Teaching Chemistry and Physics in the Phillipines and Indonesia and the Rest of the World.” Science Education International, Vol. 7, No 4 December 1996. https://newsroom.nvon.nl/files/default/A02_artikel-Schonherr-Van-den-Berg.pdf.. Diunduh tanggal 9 Maret 2018.
Siphiwelas, H., Sugiyono, dan Kartono. 2013. “Peningkatan Keterlibatan Siswa Secara Aktif dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas IV.” Pontianak: Universitas Tanjungpura. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/215388-peningkatan-keterlibatan-siswa-secara-ak.pdf tanggal 18 Mei 2018.
Suastra, I. W. 2017. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Suwama, I. N. 2012. “Pengaruh Pembelajaran dengan Starter Experiment Approach dan Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/482.
Sylla, N. dan Hodolli, G. 2017. “The Teaching Method Named “Starter-Experiment Approach”. Journal Chemistry Research Gate, December 2017. https://www.researchgate.net/publication/321869431. Diunduh tanggal 8 Maret 2018.
Turner, J. C., dan Patrick, H. 2004. “Motivational Influences on Student Participation in Classroom Learning Activities.” Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/249400205_Motivational_Influences_on_Student_Participation_in_Classroom_Learning_Activities tanggal 18 Mei 2019.
Wardana, I.N. 2010. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Asesmen Proyek dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Semester II SMK Pariwisata Dalung Tahun Pelajaran 2009/2010.” Tesis. Tidak Dipublikasikan. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Widayanti, E.Y. 2015. “Penguasaan Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Studi Pada Madrasah Mitra Stain Ponorogo). Kodifikasia, Volume 9 Nomor 1 Tahun 2015. https://www.researchgate.net/publication/304574776. Diakses tanggal 6 Januari 2018.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.