Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi

Chan Dadri, Nyoman Dantes, Made Gunamantha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koopertif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Mengwi dengan jumlah 332 orang. Sampel penelitian sebanyak 74 orang ditentukan dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini adalah single factor independent groups design. Data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika masing-masing dikumpulkan menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika, (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi.

Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Ahmatika. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Jurnal Euclid. Vol. 3 No. 1 (diakses pada tanggal 16 Desember 2018)

Amir. 2015. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara Volume 01 Nomor 02 (diakses pada tanggal 7 November 2018)

Aristyadharma, GM.P. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran NHT berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus 1 Kuta Badung Tahun Ajaran 2013/2014. Ejournal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 2 Nomor 1 (diakses pada 7 November 2018)

Florea, N.M. 2014.Critical Thinking in Elementary School Children. Spiru Haret University. Procedia-Social and Behavioral Science (diakses pada tanggal 18 November 2018)

Imron. 2016. Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Volume 1 Nomor 2 (diakses pada tanggal 28 November 2018)

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Jahyanti, N.M.M.D. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan teknik Probing Promting terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Universitas Pendidikan Ganesha (diakses pada tanggal 2 November 2018)

Kistian, A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas V SDN Banda Aceh. Genta Mulia Volume IX No. 2 (diakses pada 27 Desember 2018)

Leasa, M. The Effect of Numbered Head Together (NHT) Cooperative Learning Model on the cognitive achieevement of students with different academic ability. State University of Malang. Journal of Physics: Conference Series (diakses pada tanggal 28 November 2018)

Nugraha. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education Volume 6 Nomor 1 (diakses pada tanggal 1 November 2018)

Permana. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Volume 1 Nomor 2 (diakses pada tanggal 30 November 2018)

Ritiauw, S.P. 2016. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Impelementasi Model Pembelajaran Sosial Inkuiri.Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan Volume 4 Nomor 1 (diakses pada tanggal 25 November 2018)

Supartini. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT Berbantuan Alat Peraga Sederhana terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. Universitas Pendidikan Ganesha. (diakses pada tanggal 23 November 2018)

Susanto, A. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta:Kharisma Putra Utama

Susanto,A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta:Prenada Media Grup

Wahyuddin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas V SD Negeri 75 Ujungpero Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Suska Journal of Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (diakses pada 28 Desember 2018)

Zativalen. 2016. Pengaruh Metode Number Head Together (Nht) Terhadap




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.