PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD DI GUGUS I GUSTI KETUT PUDJA

Setyawan Adiwiguna, Nyoman Dantes, Made Gunamantha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berpendekatan saintifik berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi sains pada siswa kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ketut Pudja Denpasar Selatan. Sample penelitian didapatkan melalui proses random sampling. Sample penelitian adalah siswa kelas V SD Hainan School dan siswa kelas V SD 5 Panjer. Hasil data kemampuan berpikir kritis siswa didapat melalui tes uraian dan hasil data literasi siswa didapat melalui tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan analisis Manova berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran saintifik berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik, 2) terdapat perbedaan literasi sains siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran saintifik berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik, 3) terdapat perbedaan simultan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran saintifik berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEM.terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa.

Kata kunci : berpikir kritis, literasi sains, pembelajaran PBL, STEM.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Afriana, J. 2016. Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.

Arends R.I. 2012. Learning To Teach, Nine Edition. New York: McGraw-Hill.

Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.

Farmawati, dkk. 2017. Integrasi Problem Based Learning dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Lingkungan dan Kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017.

Fischer, A. 2001. Chritical Thinking An Introduction. Cambridge : Cambridge University Press.

Jang, H. 2015. Identifying 21st Century STEM Competencies Using Workplace Data. Journal of Science Education and Technology.

Maqbullah, S., dkk. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Vol. 13 No. 2.

Mayasari, T., Kadorahman, A., & Rusdiana, D. 2014. Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Science, Technology, Engineering, And Mathemathics (STEM) pada Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Meta Analisis. Prosiding Semnas Pensa VI “Peran Literasi Sains” (p.371-377).

Mundzir, M.F., dkk. 2017. Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SD. Jurnal Pena Ilmiah: Vol 2, No 1.

Nava, T.H.N & Prasetyo, Z.K. 2018. Pengaruh Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbasis Stem Terhadap Literasi Sains Siswa. E-Journal Pendidikan IPA: Volume 7 No 5.

NRC. 2011. A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington DC: The National Academies Press

Nugraha, A. J., dkk. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1).

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing.

_____. 2018. PISA 2015 Result in focus.

Permanasari, A. 2016. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains.

Purwani, L.D. 2018. Analysis of Student’s Scientific Literacy Skills Through Socioscientific Issue’s Test on Biodiversity Topics. Journal of Physics: Conf. Series 1013.

Rahayu, E.S., dkk. 2017. Student’s Science Literacy In The Aspect Of Content Science ?. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 81-87.

Rahayuni, G. 2016. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model PBM Dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 2, No. 2, 131-146.

Santos, L. F. 2017. The Role of Critical Thinking in Science Education. Journal of Education and Practice, Vol.8, No.20.

Santriani, A. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Mengintegrasikan Pendekatan Stem Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA.

Sariati, D. 2013 . Analisis Ketrampilan Proses pada Penggunaan Hierarki Inkuiri dan Dampaknya terhadap Literasi Sains Siswa SMP.

Suastra. 2017. Pembelajaran Sains Terkini Mendekatakan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

Wulandari, N. & Sholihin, H. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.