Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Di Gugus IV Kecamatan Mengwi

Cintya Dewi, Wayan Lasmawan, Made Gunamantha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap motivasi belajar dan kemampuan literasi sains pada siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Mengwi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Mengwi dengan jumlah 239 orang. Sampel penelitian sebanyak 51 orang ditentukan dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini adalah single factor independent groups design. Data motivasi belajar dan kemampuan literasi sainmasing-masing dikumpulkan menggunakan metode kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran course review horay dan secara saintifik, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran course review horay dan secara saintifik, (3) terdapat perbedaan simultan yang signifikan motivasi belajar dan kemampuan literasi sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran course review horay dan secara saintifik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model course review horay berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan kemampuan literasi sains pada siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Mengwi.

Kata-kata kunci : Model Course Review Horay, Motivasi Belajar, Kemampuan Literasi Sains


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Ardiani, T.E & dkk. 2016. Keefektifan Implementasi Pembelajaran CRH Berbantuan Kartu Masalah dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematika Siswa SMP Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol 5 No (2).

Faradita, M.N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ELSE Elementary School Education Journal. Vol 1 No (2b).

Gherardini, M. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 7 No (2).

Hakim, S. A. & Harlinda Syofyan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education. Vol 1 No (4).

Kariadnyani, Kd Era & dkk.2016. Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4 No (1).

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.

TIMSS. 2015. Trends in International Mathematics and Science Study atau TIMSS. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan.

Wibowo, W. A & Ali Mustadi. 2017. Pentingnya Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Universitas Yogyakarta.

Wijaya, E.Y& dkk. 2016. Transformasi Pendidikan Abad-21 sebagai tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Universitas Negeri Malang. Vol 1.

Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajarn IPA. Jurnal Cakrawala.Vol. 3 No (2).




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.