PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V

Ni Luh Putu septiasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan  kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model Reciprocal Teaching berbasis pendekatan saintifik dan kelompok siswa dengan pendekatan saintifik  siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, menggunakan rancangan single factor independent group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Widiatmika. Sampel penelitian yaitu siswa Vb dan Vd. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis digunakan tes esai dan data hasil belajar IPA digunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan yaitu: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis. Kedua terdapat perbedaan hasil belajar IPA. Ketiga terdapat perbedaan secara simultan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan Reciprocal Teaching berbasis pendekatan saintifik lebih tinggi secara signifikan dari kelompok siswa dengan pendekatan saintifik baik secara sendiri-sendiri maupun simultan.

 


Full Text:

PDF PDF

References


Ariyasa I Gede.2014.” Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Tulamben”. Singaraja:Undiksha

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Singaraja : Undiksha Press.

Diantana Putra, I Gst. Ngr.(2013).” Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Siswa Kelas Vsd Di Gugus 7 Kecamatan Penebel Tahun Pelajaran 2012/2013” .Singaraja: Undiksha.

Ennis, R.H. 1993. Critical Thinking asesment. Theory into practice. 32 (3). (Artikel Online) Tersedia pada www.3qcc.cuny.edu. Diakses 7 februari 2019.

Ningsih,Widya, dkk. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap keterampilan Metakognitif peserta didik kelas XI materi Sistem Ekresi. FKIP Universitas Sriwijaya.

Risnawati. 2008. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Berbantuan Program Cabri Geometry terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis SPs UPI. Bandung. Tidak Diterbitkan.

Sadiyono, Bambang (2014).” Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Dan Prestasi

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Shophin,Alfi&Retno Mulayaninggrum.2016. “ Pengaruh Model Pembelajaran Reciprpcal Teaching Berbantuan Media Pictoral Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Universitas PGRI Semarang:Semarang.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.