PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )TEMA KELUARGAKU PADA SISWA KELAS I BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan pengembangan produk RPP dengan tema Keluargaku dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan guru dalam menyusun RPP berorientasi pada kecakapan belajar dan berinovasi abad 21 ( 4C ). Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk RPP yang sesuai dengan kompenen-kompenen RPP yang tertuang dalam Permendikbud No. 81A tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran (Kemendikbud, 2013:38). Pengembangan RPP tema Keluargaju ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: define, design, development, dessiminate. Pengembangan RPP hanya dilakukan pada tahap development. Hasil diperoleh bahwa hasil validasi ahli dan praktisi rancangan RPP tema Keluargaku berkategori baik dan direvisi seperlunya, sedangkan kepraktisan perangkat pembelajaran RPP dinilai praktis .Sehingga keputusan yang dapat diambil adalah diterima. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan efektivitas perangkat pembelajaran yang dinilai oleh pengawas sekolah dengan kepala sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Cahyono, A.E.Y. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem-Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Inisiatif Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.21831/pg.v12i1.1405 2.
Darmaeni, dkk. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Asam, Basa, dan Garam SMP Negeri 1 Bulukumba. Jurnal Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM, 2018, Vol.1, No.2 (13-28).
Hamdu, G, Lestari, A, dan Nurlaila Nisa. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sebagai Impelmentasi Kurikulum 2013. Surakarta: Seminar Nasional Pendidikan Sains Universitas Pendidikan Indonesia.
National Education Association. 2010. Preparing 21st Century Student for a Global Society: educator’s Guide to the “Four Cs”. (Online). (http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf, diakses pada 23 Mei 2019).
OECD, PISA. 2017. How Does PISA for Development Measure Mathematical Literacy. Paris: OECD Publisher.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika” Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES Volume 3 Nomor 1.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suyatmini, 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/download/5120/3418 diakses tanggal 6 Pebruari 2019.
Thiagarajan, Sivasailam and others. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children : A Sourcebook. Center for Innovation in Theaching the Handicapped: Bloomington.
Trilling, B.& Fadel, C. 2009. 21st Century Learning Skills. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Prenamedia Group.
Yusuf, U dan Tenriawaru Andi. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PPK Yang Berorientasi Pada Kecakapan Abad-21. Makasar: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP YPUP Makassar.
: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. tersedia : http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/indexberita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21
Kemendikbud. 2013f. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Man,Munman. 2016. Hakikat kurikulum http://mam139.blogspot.com/2016/02/a.html diakses tanggal 5 Pebruari 2019
Mengelola Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud 22 Tahun 2016.https://www.gurusukses.com/mengelola-pembelajaran-berdasarkanpermendikbud-22-tahun-2016/ diakses tanggal 7 Pebruari 2019
National Education Association. 2010. Preparing 21st Century Student for a Global Society: educator’s Guide to the “Four Cs”. (Online). (http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf, diakses pada 23 Mei 2019).
OECD, PISA. 2017. How Does PISA for Development Measure Mathematical Literacy. Paris: OECD Publisher.
Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition. Retrieved September 15, 2018, from http://www.p21.org/our-work/p21- framework/P21_Framework_Definitions_New_Logo-2015.pdf
Patacsil, F.F. dan Tablatin, C.L.S., 2017, Exploring the Importance of Soft and Hard Skills as Perceived by IT Internship Students and Industry: A Gap Analysis. JOTSE: Journal of Technology and Science Education Vol 7, No 3, Hal 347-368.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
Punya Mishra & Rohit Mehta.2017.”What We Educators Get Wrong About 21st-Century Learning: Results of a Survey”. Journal of Digital Learning in Teacher Education,33:1, 6-19 To link to this article: http://dx.doi.org/10.1080/21532974.2016.1242392
Rabudin, 2018. “Pengertian Pendidikan”. http://www.detikpendidikan.com/2018/06/11-pengertian-pendidikan menurut-ahli-daftar-pustaka.html diakses Selasa, 21 Mei 2019.
Redhana, Wayan. 2019.“Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia”Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019, halaman 2239 – 2253.
Rizal. Mengajar Cara Berpikir, Meraih Ketrampilan Abad 21 . Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa.
Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika” Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES Volume 3 Nomor 1
Sadra, I W. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan dalam Pelatihan Guru Kelas I Sekolah Dasar. Desertasi Tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA.
Salamadian,2018. Tujuan Pendidikan Nasional Menurut UU. No 20 Tahun 2003 | Pengertian & Fungsinya. https://salamadian.com/tujuan-pendidikan-nasional/diakses tangal 6 Pebruari 2019
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suyatmini, 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/download/5120/3418 diakses tanggal 6 Pebruari 2019
Thiagarajan, Sivasailam and others. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children : A Sourcebook. Center for Innovation in Theaching the Handicapped: Bloomington.
Trilling, B.& Fadel, C. (2009). 21st Century Learning Skills. San Francisco, CA: John Wiley & Sons
Wijaya, 2016. Journal Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Diaksse di http://repository.unikama.ac.id/840/32/263278%20TRANSFORMASI%20PENDIDIKAN%20ABAD%2021%20SEBAGAI%20TUNTUTAN%20PENGEMBANGAN%20SUMBER%20DAYA%20MANUSIA%20DI%20ERA%20GLOBAL.pdf
Yanuarti. 2017. “Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13” http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/download/3489/pdf . Diunduh Senin, 10 Juni 2019 Pukul 08.00 Wita.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Prenamedia Group.
Yusuf, U dan Tenriawaru Andi. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PPK Yang Berorientasi Pada Kecakapan Abad-21. Makasar: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP YPUP Makassar.
Zubaidah, S. 2017. Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemecahan Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dengan tema Inovasi Pembelajaran Berbasis pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di Universitas Muhammadiyah Makasar, Makasar, 6 Mei 2017.
Zubaidah, T. 2018. Mengenal 4c: Learning And Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 1
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3097
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.