PEMBELAJARAN BERORIENTASI TRI HITA KARANA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KUALITAS PENDIDIKAN DASAR PADA ABAD KE-21

Putu Gede Asnawa Dikta

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Perubahan hal-hal prinsip pada aspek pendidikan berlangsung sangat cepat dan pesat. Kini pendidikan sangat perlu disesuaikan dengan prinsip keterampilan abad ke-21 sehingga dapat mencetak generasi unggul yang berkarakter. Implementasi konsep Tri Hita Karana dapat memberikan suatu pengaruh terhadap hasil belajar, karena salah satu konsep Tri Hita Karana yakni menjaga keharmonisan terhadap sesama teman dan taat pada perintah agama dan guru akan dapat memberikan suatu hasil yang lebih baik dalam upaya mencapai aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek apektif yang mampu memberikan tuntunan hidup kepada para siswa. pembelajaran abad 21 dituntut berbasis teknologi untuk menyeimbangkan tuntutan zaman era milenial dengan tujuan, nantinya peserta didik terbiasa dengan kecakapan hidup abad 21.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.