PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PELAJARAN KELOMPOK SOSIAL HUMANIORA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 1 KUTA

Made Edy Juniawan

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran saintifik berbasis literasi terhadap kemampuan membaca pemahaman dan terhadap hasil  belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora serta mengetahui pengaruhnya secara simultan terhadap kemampuan membaca pemahaman dan hasil  belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora pada siswa  kelas V SD Gugus 1 Kuta. Penelitian ini merupakan penelitan semu dengan rancangan single factor independent group design. Populasinya siswa kelas V SD Gugus 1 Kuta, yang berjumlah 318 siswa. Sebanyak 70 siswa dipilih sebagai sampel dengan teknik random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelas, 1) Kelas eksperimen dengan pembelajaran saintifik berbasis literasi. Sedangkan kelas. 2) Kelas kontrol dengan pembelajaran saintifik standar kurikulum 2013. Data kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora dikumpulkan dengan menggunakan tes obyektif. Data dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman dan perbedaan hasil  belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora serta terdapat perbedaan secara simultan terhadap kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

 

Kata kunci: membaca pemahaman, sosial humaniora, literasi

 


Full Text:

PDF

References


Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia IndonesiaKemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Kemendikbud: Jakarta

Gewati. https://edukasi.kompas.com/read /2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia ?page=all . (diakses tanggal 20 Mei 2019)

Imas, K & Berlin, S. 2014. Impelementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Kemendikbud. (2017). Strategi Literasi dalam Pembelajaran di sekolah Menengah Pertama: Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013.Kemendikbud:Jakarta

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Nomor 67 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah: Departemen Pendidikan Nasional.

Marhaeni, A.A.I.N “Rosenblatt's

Transactional Theory and Its Implementation in the Teaching of Integrated Reading.” Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/307834200Rosenblatt's_ Transactional_Theory_and_Its_Implementation_in_the_Teaching_of Integrated _Reading (diakses tanggal 20 Mei 2019

Nurgiyantoro, B. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). 2018. Country Note-Results from PISA 2018: Indonesia. http://www.oecd. org/pisa/ (diakses tanggal 16 Desember 2019).

Setiawan, D. 2017. “ Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik untuk meningkatkan mutu Pembelajaran Agama Islam”. Journal Of Basic Education. Vol. 01 N0 02 Januari- Juni 2017. ISSN 2548-9992 34. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/download/683/563 (diakses tanggal 16 Desember 2019).

Sari, E. D. L. 2017. “Pengembangan Teknik Pembelajaran Menulis sdan Membaca Mealui Gerakan Literasi sekolah” Jurnal Ilmu Budaya , Volume 1 Nomor 4 Edisi Oktober 2017. https: //media. teliti.com/media/publications/240539-pengembangan-teknik-pembelajaran-menulis-3fd2f406.pdf. (diakses tanggal 16 Desember 2019).

Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogtakarta: Graha Ilmu.

Wandasari, Y. 2017. “Implementasi Gerkakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendididkan Berkarakter” Jurnal manajemen, Kepemimpinan, dan Survervisi Pendidikan. Volume 1, No 1, Juli-Desember 2017. https://www.neliti.com/id/publications/230884/implementasi-gerakan-literasi-sekolah-gls-sebagai-pembentuk-pendidikan-berkarakt (diakses 17 Juni 2019)

Suyono, 2011. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis konten, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasi di Sekolah. Malang : Penerbit Cakrawala Indonesia

Wiedarti , P . 2016. Desain Induk GLS. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

Mariati, dkk. 2017. “The Problem Solving Learning Model By Using Video Recording On Experiments Of Kinematics And Dynamics To Improve The Students Cognition And Metacognition” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Universitas Negeri Medan. Vol.13 No.1 (hlm.25-32).




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.