NEW LITERACY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI ABAD 21
Abstract
Abstrak
Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat. Lembaga pendidikan dasar khususnya sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting dalam membangun generasi yang siap menghadapi berbagai tantangan. Sejalan dengan hal tersebut, dalam menjawab tantangan pendidikan abad 21, lembaga pendidikan tidak cukup hanya dengan menerapkan literasi lama (calistung), tetapi harus mampu membangun dan mengimplementasikan new literacy/ literasi baru (data, teknologi dan manusia). Tugas dunia pendidikan khususnya guru, saat ini melalui proses pembelajarannya bukan hanya menekankan pada penguatan kompetensi literasi lama, tetapi secara simultan mengokohkan pada penguatan new literacy yang menyatu dalam penguatan kompetensi bidang keilmuan dan keahlian atau profesi. Dengan demikian perlu adanya reorientasi baru dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama pada pendidikan dasar agar tetap memiliki daya relevansi dalam menjawab tantangan pendidikan abad 21 kaitannya dalam peningkatan mutu pendidikan.
Full Text:
PDFReferences
Arifudin, 2001. Cooperative Learning. Jakarta : PT Grasindo.
BSNP, 2010. Paradigma Pendidikan Abad 21. (Online). Tersedia pada: www. Bsnp-indonesia.org/laporanBSNP. Diakses 7 November 2019.
Budiman, 2017. Literasi Digital Pendidikan abad 21. Research gate.net. Diakses pada 7 November 2019.
OECD, 2012. PISA.2012 Result in Focus . New York: Columbia University.
Sudrajat, D. K. 2017. Tantangan Pendidikan Abad 21. JPI. Vol. 3. No. 2. Tersedia pada journal.JPI.ac.id. Diakses pada 7 November 2019.
Sunardi, K. A. 2018. Pembelajaran abad 21 dan Transformasi Pendidikan. Educational Journal. Vol. 5. No. 1. Tersedia pada www.educationaljournal.com/ Diakses pada 22 November 2019.
Sukarjo, 2001. Mengembangkan literasi belajar untuk menghadapi revolusi industri4.0. Educational Journal. Vol 5. No 7. Tersedia pada www. Educationaljournal.com. Diakses pada 22 November 2019
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Pardiman. 2017. Gerakan Literasi Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0. JPI. Vol 1. No 1. Tersedia pada JPI.ac.id.Diakses pada 6 Desember 2019.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.