PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER

sarifa fardatil ilmi al idrus

Abstract


Selama ini pelaksanaan pendidikan hanya berorientasi pada aspek koginitif (kecerdasan intelektual) peserta didik, sehingga kecerdasan emosional peserta didik tidak berkembang dengan baik yang berimplikasi terhadap degradasi moral peserta didik. kecerdasan emosional adalah kemampuan peserta didik dalam mengelola emosi yang dimiliki yang dapat mengarahkan peserta didik untuk bersikap dan berprilaku dengan tepat sesuai dengan kondisi-kondisi tertentu. Ada beberapa aspek kecerdasan emosional yaitu mengenali emosi diri, menglola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenal emosi orang lain (empati) dan membina hunungan.  Kecerdasan emosional penting untuk di pupuk dan dikembangkan pada peserta didik di sekolah dasar karena pada usia sekolah dasar emosi anak mudah dibentuk. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik adalah dengan menerapkan pendidkan karakter. Dengan pendidkan karakter peserta didik di sekolah dasar akan cerdas emosinya serta hasil belajarnya akan semakin meningkat.

 


Full Text:

PDF

References


Bariyyah, K & Latifah, L. 2019. Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 4 (2). 68-75.

Goleman, Daniel. 1995. Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.

Goleman, D. 2007. Emotional Intelligence, Kecerdasan emosional Mengapa EI Lebih Penting dari IQ. Alih bahasa: T Hermaya. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama.

Indaayu, P. 2017. Peran Pendidikan Karakter Dalam Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. 1 (1). 344-347.

Indriawati, P. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama. 5 (2). 1-9.

Kemko Kesra RI. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta.

Khodijah, Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Arruzmedia.

Labudasari, E. & Sriastria, W. Perkembangan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Lestari, P dkk. Tingkat Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Konseling Koperhensif. 6 (1). 11-20.

Muslich, Masnur. 2014. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta:Bumi Aksara.

Primasari, G, dkk. 2019. Pendidikan Karakter Bagi Generasi Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Ramdhanti, M, dkk. 2019. Pembentukan Karakter Dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time). Jurnal Educate. 4 (1). 10-17.

Shapiro, Lawrence E. 1997. Menagajarkan Emotional Intellegence Pada Anak (Alih Bahasa Alex Tri Kantjono). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumantri, S. M. 2015. Pengantar Pendidikan. Hakikat Manusia dan Pendidikan. MKDK4001/MODUL 1.

Utami, W. S. 2019. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan. 4 (1). 63-66.

Zulaikah, S. 2019. Penguatan Pendidikan Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 10 (1). 83-93.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.