PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 1 DAJAN PEKEN

Ni Putu Piki Pia Arini

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (a) mengetahui validitas isi instrumen kemandirian belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD dan (b) mengetahui reliabilitas menurut expert instrumen kemandirian belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD. Data yang dikumpulkan berupa data validitas dan reliabilitas instrumen kemandirian belajar dan hasil belajar matematika. Data pengembangan instrumen kemandirian yang diperoleh melalui uji validitas dianalisis dengan CVR, sedangkan data dari uji reliabilitas dianalisis dengan Alpha Cronbach. Sementara itu, data pengembangan instrumen hasil belajar matematika yang diperoleh melalui uji validitas dianalisis dengan CVR, sedangkan data dari uji reliabilitas dianalisis dengan Alpha CronbachSecara umum penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tahapan pengembangan instrumen meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Setelah dilakukan analisis uji validitas untuk instrumen kemandirian belajar menggunakan CVR. Hasil perhitungan CVR didapatkan 19 butir instrumen yang valid  dan 1 instrumen yang tidak valid, dengan reliabilitas instrument r11 = 0,77 (terkategori tinggi). Sedangkan instrumen hasil belajar matematika, berdasarkan perhitungan CVR didapatkan 14  pernyataan yang valid dan 1 pernyataan yang tidak valid. Reliabilitas instrumen hasil belajar matematika sebesar r11 = 0,70 (berkategori tinggi).

 

Kata kunci:  Hasil Belajar Matematika; Kemandirian Belajar; Pengembangan Instrumen


Full Text:

PDF

References


Adams, W.K. & Wieman, C.E. 2010. Development and Validating of Instruments To Measure Learning of Expert-Like Thinking. International Journal of Science Education, 33 (9), hlm. 1-24.

Afandi, dkk. 2016. Implementasi Digital-Age Literacy dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21” Surakarta, 22 Oktober 2016.

Ariyanti, dkk. 2020. Pengembangan RPP Tema Keluargaku pada Siswa Kelas I Berbasis Kecakapan Belajar dan Berinovasi Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol. 4 No 1, Pebruari 2020 ISSN: 2613-9553. Diakses tanggal 25 Juni 2020.

Arseni, P. A. E., dkk. 2020. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tema Tugasku Sehari-Hari Kelas II SD Berbasis Kecakapan Belajar dan Berinovasi Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol. 4 No 1, Pebruari 2020 ISSN: 2613-9553. Diakses tanggal 25 Juni 2020.

Asrul, dkk. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.

Candiasa, I M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ekayogi, I Wayan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Siswa Kelas V SD. Journal Pasca Undiksha. Singaraja

Hermanto, Redi dan Santika, Satya. 2016. Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tasikmalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika vol. 2 no. 2, pp. 135–142, September 2016. Diakses 25 Juni 2020.

Kemdikbud. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kemdikbud RI.

Kurniawati, Maya, dkk. 2015. Analisis Karakteristik Berpikir Geometri dan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Fase Van Hiele Berbantuan Geometers Sketchpad. Unnes Journal of Mathematics Education Research, tersedia pada http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer. Diakses 25 Juni 2020.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel pada FPMIPA UPI Bandung.

Susiana dan Herawaty. 2007. “Analisis Pengaruh Independensi, Mekanisme Corporate Governance, dan Kualitas Audit Terhadap Integritas Laporan Keuangan”. Simposium Nasional Akuntansi X, Unhas Makassar 26-28 juli 2007.

Trilling, B dan Fadel, C. 2009. 21st Century Skills Learning For Life In Our Times. USA: HB Printing.s

Wongsri, N., Cantwell, R. H., & Archer, J. 2002. The Validation of Measures of Self-Efficacy, Motivation and self-Regulated Learning among Thai tertiary Students. Annual Conference of the Australian Association for Research in Education. Brisbane.

Yamin, Martinis. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.