PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMA KEGIATANKU KELAS I BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21

kadek dwimayanti

Abstract


Penelitian ini memilki tujuan untuk mengembangkan produk RPP  tema Kegiatanku kelas I berbasis kecakapan belajar dan berinovasi abad 21 yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengadopsi model 4D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Define, Design, Develop, dan Dissemination.Penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop, karena keterbatsan waktu peneliti. Data dikumpulkan dengan lembar validasi, lembar keterlaksanaan RPP, angket respon guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk RPP  tema Kegiatanku dinyatakan valid menurut penilaian 3 orang ahli; (2) produk  RPP tema Kegiatanku dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 4.58 menurut penilaian praktisi dan keterlaksanaan RPP  tema Sehat itu Penting dinyatakan sangat praktis digunakan dengan skor rata-rata 4.55 menurut pengamatan  2 orang ahli; (4) Produk RPP tema Sehat itu Penting dinyatakan efektif berdasarkan hasil postes siswa dengan t hitung > t tabel, dan mimiliki efektifitas tinggi dengan 0.8 < ES.  


Full Text:

PDF

References


Dantes, 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers

Facione, PA. 2015. Critical Thinking: what it is and Why it Counts. CA: Measured Reason and The California Academic Press

Guo, Z. (2016). The Cultivation of 4C’s in China Critical Thinking, Communication,. International Conference on Education, Management and Applied Social Science, 1-4.

Haryanto, 2017. Kurikulum Menurut Para Ahli. https://www.academia.edu/4598768/Kurikulum_Menurut_Para_Ahli Diakses Selasa, 21 Mei 2019.

Kemendikbud. 2017. Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017

National Education Association. 2010. Preparing 21st Century Student for a Global Society: educator’s Guide to the “Four Cs”. (Online). (http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf, diakses pada 23 Mei 2019)

Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition. Retrieved September 15, 2018, from http://www.p21.org/our-work/p21- framework/P21_Framework_Definitions_New_Logo-2015.pdf

Patacsil, F.F. dan Tablatin, C.L.S., 2017, Exploring the Importance of Soft and Hard Skills as Perceived by IT Internship Students and Industry: A Gap Analysis. JOTSE: Journal of Technology and Science Education Vol 7, No 3, Hal 347-368.

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. 2015. Jakarata: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. 2016. Jakarata: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rabudin, 2018. “Pengertian Pendidikan”. http://www.detikpendidikan.com/2018/06/11-pengertian-pendidikan menurut-ahli-daftar-pustaka.html diakses Selasa, 21 Mei 2019.

Redhana, Wayan. 2019.“Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia”Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019, halaman 2239 – 2253.

Salamadian,2018. Tujuan Pendidikan Nasional Menurut UU. No 20 Tahun 2003 | Pengertian & Fungsinya. https://salamadian.com/tujuan-pendidikan-nasional/diakses tangal 6 Pebruari 2019

Thiagarajan, Sivasailam and others. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children : A Sourcebook. Center for Innovation in Theaching the Handicapped: Bloomington

Trilling, B.& Fadel, C. (2009). 21st Century Learning Skills. San Francisco, CA: John Wiley & Sons

Yanuarti. 2017. “Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13” http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/download/3489/pdf . Diunduh Senin, 10 Juni 2019 Pukul 08.00 Wita.

Zubaidah, S. 2017. Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemecahan Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dengan tema Inovasi Pembelajaran Berbasis pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di Universitas Muhammadiyah Makasar, Makasar, 6 Mei 2017.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.