PENGEMBANGAN RPP BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD KE-21 UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas RPP tema Benda di Sekitarku pada pembelajaran tematik berbasis kecakapan belajar dan berinovasi abad 21 untuk siswa kelas III Sekolah Dasar Kecamatan Kuta Kabupaten Badung. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi, instrumen keterlaksanaan RPP, angket respon guru, dan test hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) RPP tema Benda di Sekitarku dinyatakan “sangat valid” menggunakan hasil Alpha cronbach sebesar 0,85, (2) Kepraktisan RPP diperoleh dari hasil analisis rata-rata skor APPP sebesar 4,5 dan rata-rata skor respon guru tehadap produk RPP sebesar 4,4. (3) Efektivitas diperoleh dari analisis hasil belajar siswa menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 5,83 dengan nilai signifikansi sebesar 1,96 artinya t-hitung > t-tabel, sehingga keputusan yang dapat diambil adalah diterima dengan tingkat efektifitas sedang (ES=0,51).
Full Text:
PDFReferences
AACTE & the Partnership for 21st Century Skills. (2010), 21 Century Knowledge and Skill in Educator Preparation.
http://www.p21.org/stronge/ documents/aact_p21whitepeper2010.pdf
BSNP, 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. [Online]. diakses pada tanggal 11 April 2019 Pukul 21.50 WITA
Dantes, 2012 Metode Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset
, 2014 Landasan Pendidikan, Singaraja: Graha Ilmu
, 2017 Desain Eksperimen Dan Analisis Data, Singaraja: Undiksha Press
Jason McGrath and John Fischetti, 2018. “What if compulsory school is a 21st century invention? Weak signal from a systematic review of the literature”, diterima 7 Februari 2019
Mulyasa, 2019 Implementasi Kurikulum 2013 Revisi, Jakarta: Bumi Aksara
National Education Association, 2010. Preparing 21st Century Student for a Global Society: educator’s Guide to the “Four Cs”. (Online), diakses pada 23 Mei 2019
Nieveen, N. (1999). “Prototype to reach product quality. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher
Pengembangan Profesi Pendidik, TIM 2014 Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Permendikbud. 2016. tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan menengah: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Robinson and Aronica (2015) dikutip oleh Jason McGrath and John Fischetti (2018) “What if compulsory school is a 21st century invention? Weak signal from a systematic review of the literature”
Samuel Amponsa, Amoak Benjamin Kwesi, Ampadu Ernest, 2018. ”Lin’s creative pedagogy framework as a strategy for fostering creative learning in Ghanaian schools”, diterima 27 September 2018.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
, 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, Sivasailam and others, 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children : A Sourcebook. Center for Innovation in Theaching the Handicapped: Bloomington
Trilling, B & Fadel, C (2009). “21st Century Skills Learning For Life In Our Times” Josse Bass, Sanfransisco CA
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Van den Akker J, 1999. Principles and Method of Development Research. London. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.