Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar)

Teofilus Ardian Hopeman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) siswa pernah mengalami bullying, (2) jenis bullying yang diterima siswa, (3) perasaan siswa setelah menerima bullying, (4) sikap sosial siswa yang mengalami bullying. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan sampel 20 orang siswa yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data tindakan bullying dan kekerasan pada siswa sekolah dasar dikumpulkan dengan cara observasi, pemberian kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sebagian besar sampel pernah mengalami atau melihat tindakan bullying dan kekerasan di lingkungan sekolah. 2)  terdapat pengaruh psikologi bagi siswa yang mengalami atau melihat terjadinya tindakan bullying dan kekerasan. 3) pelaku yang sering melakukan tindakan bullying dan kekerasan antara lain adalah teman sebaya dan orang tua. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa sekolah dasar pernah mengalami atau melihat bullying di sekolah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.